Benarkah Makan Malam Bisa Bikin Gemuk?

2 Juli 2019 Artikel Kesehatan


Makan malam selama ini dianggap sebagai penyebab utama kenaikan berat badan. Bahkan banyak diantara kita, khususnya wanita yang sedang menjalani program diet, menghindari dan sangat anti dengan yang namanya makan malam. Namun nyatanya hal tersebut hanyalah mitos yang berkembang di masyarakat dan belum terbukti kebenarannya. Faktanya, makan tiga kali sehari yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam tidak boleh dilewatkan dan sangat berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh.

Melewatkan jadwal makan, termasuk juga makan malam justru akan berakibat pada terganggunya proses metabolisme tersebut. Alih-alih menurunkan berat badan, metabolisme yang tidak lancar ini justru akan membuat Anda ingin terus-terusan makan dan berat badan pun akan meningkat. Namun tentunya Anda juga tetap harus mengontrol jadwal dan menu makan malam Anda, agar makanan yang dikonsumsi tidak berubah menjadi timbunan lemak.

Berikut tips makan malam yang tepat untuk Anda yang takut gemuk:
1. Pilih makanan berserat

Biar lebih cepat dicerna, pilihlah makanan yang kaya akan kandungan serat didalamnya. Makanan yang berserat tinggi seperti gandum, sayur dan buah-buahan pastinya tidak akan berubah menjadi timbunan lemak karena sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Salad sayur dan buah-buahan merupakan pilihan menu yang paling tepat untuk dikonsumsi saat makan malam. Selain mengenyangkan perut dan kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sayur dan buah-buahan juga dijamin tidak akan membuat Anda menjadi gemuk.

2. Makan sebelum jam 7
Jika takut makanan yang akan Anda konsumsi berubah menjadi timbunan lemak, cobalah untuk makan malam lebih awal. Waktu yang paling baik untuk makan malam adalah sebelum jam 7 malam, agar jeda waktu antara makan dan tidur cukup lama. Dengan begitu, tubuh Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memproses makanan hingga benar-benar dicerna secara sempurna, sehingga mencegahnya berubah menjadi timbunan lemak saat tidur.

3. Hindari makanan yang dipanaskan berulang-ulang
Jika tidak ingin impian Anda untuk memiliki bentuk tubuh yang langsing menjadi pupus, hindari mengkonsumsi makanan yang sudah berkali-kali dipanaskan, terutama untuk makan malam. Nutrisi yang terkandung pada makanan akan berkurang dan bahkan tidak bersisa sama sekali jika sudah dipanaskan secara berulang-ulang. Jadi saat Anda mengkonsumsi makanan yang tidak lagi segar dan sudah dipanaskan beberapa kali, makanan yang masuk ke perut Anda tersebut ibaratkan "ampas" yang nutrisinya sudah terbuang. Selain itu, makanan tersebut cenderung memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi.

4. Atur porsi makan
Salah satu cara agar makan malam tidak membuat Anda menjadi gemuk adalah dengan mengatur porsi makanan yang dikonsumsi saat makan malam. Anda cukup mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil saja, karena pada dasarnya tubuh kita tidak membutuhkan terlalu banyak asupan energi saat malam hari. Misalnya, Anda makan satu piring pada siang hari karena memang membutuhkan banyak asupan energi untuk beraktivitas. Sementara pada malam hari, Anda cukup mengkonsumsi setengah atau seperempat piring saja.

5. Jangan makan sambil nonton
Jika Anda terbiasa makan sambil duduk di depan televisi untuk menonton film kesayanganmu, hentikanlah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Hal ini karena makan sambil melakukan aktivitas yang seru seperti menonton televisi akan membuat Anda lupa diri dan kebablasan makan dalam jumlah yang banyak. Usahakanlah untuk makan di meja makan, sehingga Anda bisa lebih mengontrol porsi makanan Anda.

Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk makan malam.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)