Benarkah Jika Aroma Kentut Bau, Berarti Tubuh Sehat?

20 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Mendengar kata kentut apa yang ada di pikiran Anda? Pastilah Anda akan menghubungkannya dengan sesuatu yang jorok dan bau tidak sedap. Ya, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar, karena hampir semua orang di dunia ini jika mereka membuang gas atau kentut pastilah akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap tersebut biasanya dihubungkan dengan makanan yang dimakan. Hal tersebut tidak salah, biasanya orang yang banyak makan telur dan ubi akan mengeluarkan gas dengan aroma yang tidak sedap.

Kentut atau buang angin adalah hal yang sehat dan normal. Sehari saja Anda tidak buang angin, berarti ada yang salah dengan tubuh Anda. Nah kabar baiknya, jika kentut Anda bau, berarti tubuh Anda sehat.

Para peneliti dari Universitas Exeter mengungkapkan bahwa aroma buang gas dari tubuh Anda bisa menjadi pahlawan. Gas yang dihasilkan dari bakteri pemecah makanan dan menghasilkan gas bau berisi hidrogen sulfida bisa membantu mencegah kanker, stroke, serangan jantung dan demensia.

Hidrogen sulfida dalam jumlah besar bisa membahayakan kesehatan, namun dalam jumlah kecil seperti yang dihasilkan usus, justru bisa melindungi sel-sel tubuh dan melawan penyakit.

Jadi, jika aroma kentut Anda bau, tubuh Anda sehat. Meskipun hidrogen sulfida dikenal sebagai gas berbau tajam, bahkan mirip telur busuk dan membuat perut kembung, namun hal itu secara alami diproduksi dalam tubuh dan bisa menjadi pahlawan kesehatan. Maka aroma buang angin bisa jadi implikasi yang signifikan untuk terapi masa depan dan mendeteksi berbagai penyakit.

Meski aroma bau pada kentut memang wajar dan sehat, Anda tetap harus menjaga etika. Jika perut mulai terasa mulas, segera cari toilet dan jangan sampai orang lain terganggu dengan gas yang dihasilkan tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)