Benarkah, Cabai dan Jambu Biji Penyebab Usus Buntu?

17 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Pernahkah Anda atau keluarga Anda mengalami sakit usus buntu? Lalu teman-teman Anda mengatakan pasti itu karena kamu suka makan jambu biji. Lalu Anda pun mulai berpikir itu benar dan mulai menghindari untuk makan buah jambu biji. Benarkah itu? jangan salah kaprah dulu.
Mungkin Anda sering dengar tentang mitos yang sudah menyebar di kalangan masyarakat umum tentang jambu biji yang bisa menyebabkan sakit usus buntu. Tapi benarkah hal tersebut?

Penyakit usus buntu atau dikenal pula dengan istilah Appendicitis merupakan sebuah keadaan dimana usus buntu membengkak, meradang, serta dipenuhi dengan nanah. Rasanya pasti sakit sekali. Sebenarnya, makanan apa saja dapat menjadi pemicu terjadinya sakit usus buntu.

Mengkonsumsi jambu biji sebenarnya sangat baik untuk kesehatan dan bahkan bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit. Begitu juga dengan cabai. Cabai bukan penyebab utama Anda bisa terserang penyakit usus buntu.

Mitos yang menyalahkan jambu biji sebagai penyebab utama terjadinya usus buntu itu tidak benar. Perlu Anda ketahui, bahwa menurut para ahli kesehatan, umumnya penyebab usus buntu disebabkan adanya infeksi perut yang pada akhirnya menimbulkan peradangan di daerah saluran usus buntu serta adanya obstruksi, yakni terjebaknya sisa makanan dalam usus buntu yang akhirnya menimbulkan bakteri berkembang dan membuat infeksi usus buntu.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu bukan, sebuah mitos yang mengatakan jambu biji dan cabai sebagai penyebab utama penyakit usus buntu itu tidak benar. Tapi juga Anda perlu berhati-hati dalam menjaga makanan dan pola makan supaya tetap sehat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)