Belum Tahu? Ini Dia Manfaat Konsumsi Beras Hitam untuk Tubuh

27 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Beras hitam mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan jarang dikonsumsi. Beras hitam ini rupanya memiliki sejarah yang panjang. Dalam sejarahnya, beras ini dianggap sebagai makanan para raja. Di Cina pernah disebut sebagai beras terlarang (forbiden rice). Karena pada masa itu hanya keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya.

Selain itu, beras hitam menurut para ahli ternyata diklaim lebih sehat dari pada beras putih yang biasa kita konsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa tiap butir dari beras hitam memiliki kadar gula yang rendah, memuat serat sehat, dan kandungan antioksidannya mampu melawan penyakit jantung dan kanker.

Ilmuwan di salah satu universitas di Louisiana menemukan bahwa kulit padi dari beras hitam yang tumbuh di Amerika bagian selatan memiliki kadar antioksi dan anthocyanin yang tinggi. Nah, dari anthocyanin inilah yang membuat warna gelap pada buah dan sayur. Hal ini yang menyebabkan warna beras ini adalah hitam.

Peneliti juga mendapati tanaman antioksidan berwarna gelap, bisa membersihkan molekul, melindungi arteri, dan mencegah kerusakan DNA yang biasanya memicu munculnya kanker.

Dr Zhimin Xu, ahli makanan dari china mengungkapkan bahwa satu sendok kulit padi beras hitam mengandung kualitas sehat antioksidan anthocyanin yang lebih unggul dibanding satu sendok blueberry, di samping itu juga rendah gula, dan lebih kaya akan serat, serta antioksidan vitamin E.

Berani coba dan ganti beras Anda dengan beras hitam?

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)