Belimbing Manis Ampuh Atasi Keluhan Kencing Manis dan Darah Tinggi

24 Februari 2018 Artikel Kesehatan


Belimbing manis dikenal dengan nama latin "Averrhoa Carambola" berasal dari suku Oxalidaceae. Khasiat dan manfaat belimbing manis diambil daun dan buahnya. Belimbing adalah salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia. Itu karena bentuknya yang unik seperti bintang dan memiliki rasa yang manis-manis asam dengan kandungan air yang banyak.

Manfaat buah belimbing sangat banyak terutama dalam bidang kesehatan, buah ini merupakan salah satu buah yang sangat diminati masyarakat karena kaya akan manfaat. Tanaman belimbing sendiri sering sekali ditemukan di berbagai daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Belimbing ini juga dapat hidup di daerah subtropis seperti wilayah Amerika Serikat dan Hawai sehingga buah ini lumayan terkenal di luar negeri. Oleh banyak masyarakat di Indonesia, buah belimbing banyak dimanfaatkan sebagai makanan ringan, baik dimakan langsung maupun diolah menjadi jus, asinan atau yang lainnya.

Selain enak dimakan belimbing juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Secara medis keberadaan kandungan vitamin dan nutrisi bermanfaat lainnya sudah diteliti. Dalam bebepara penelitian menyebutkan 1 buah belimbing dapat mengandung unsur - unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, unsur - unsur vitamin itu antara lain, seperti: Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), Folat (vit. B9), Vitamin C, Fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database.

Salah satu manfaat yang bisa digunakan adalah, untuk menyembuhkan penyakit kencing manis dan menurunkan tekanan darah tinggi. Cara penggunaannya, ambil buah dan daun belimbing, langkah selanjutnya rebus dua bahan tersebut, setelah dingin langsung dimakan.

Selain buah belimbing yang kaya akan vitamin. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman belimbing manis ini antara lain daun, bunga, akar, dan tentunya buah belimbing.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)