Begini Posisi Mengetik yang Benar Agar Terhindar dari Cedera Tangan

7 April 2016 Artikel Kesehatan


Bekerja di depan komputer seharian memang sudah menjadi "makanan"sehari-hari apalagi pekerjaan yang benar-benar melibatkan komputer untuk menunjang produktivitas. Namun, kegiatan seperti mengetik seharian pun pastinya memiliki efek yang buruk bagi kesehatan khususnya tangan Anda.

Permasalahan yang paling umum dialami oleh banyak pekerja adalah rasa pegal dan nyeri pada bagian pergelangan atau sekitarnya. Tentu hal ini disebabkan oleh posisi mengetik yang selama ini salah Anda lakukan. Beberapa kasus bahkan bisa mengakibatkan cedera serius pada otot tangan. Tentu hal ini dapat menghambat aktivitas Anda.

Dilansir dari tulisan dan ilustrasi Dr. Aaron Daluiski, dokter bedah ortopedi Hospital for Special Surgery, serta Mike De La Flor, tiga cara dan posisi mengetik inilah yang sebaiknya Anda terapkan agar terhindar dari cedera tangan.


Ilustrasi pertama menunjukan bagaimana posisi memegang mouse yang benar. Sejajarkan pergelangan tangan Anda dan sebaiknya mengikuti lekuk mouse, tidak mendongak ke atas atau terlalu menekan ke bawah.


Pada ilustrasi kedua, posisi inilah yang harus Anda terapkan saat Anda mengetik di keyboard. Arahkan tangan Anda tetap lurus dengan keyboard. Letakan jari-jari Anda dan seharusnya tegak lurus dengan keyboard, tidak miring ke dalam atau keluar.


Pastikan juga ketinggian keyboard. Letakkan keyboard pada ketinggian duduk yang sama dengan tangan Anda, tidak terlalu pendek atau tinggi.

Nah, itu dia cara-cara yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dan mencegah terjadinya cedera saat mengetik. Langkah lain, Anda juga harus mengatur tempat duduk Anda serta sesuai dengan jarak pandang mata dan monitor. Jangan lupakan untuk melakukan istirahat minimal 30 menit sekali untuk menghindari terjadinya kaku pada otot.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)