Begini Cara Mengatasi Anak Susah Makan

24 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Setiap orangtua akan selalu khawatir tentang kecukupan gizi anaknya. Biasanya anak yang susah makan akan memilih-milih makanan dan hanya mau makan makanan yang digemarinya. Saat anak Anda mulai berusia 6 bulan, ibu seharusnya sudah memberikan makanan pendamping ASI. Pada masa ini, ibu harus lebih cermat untuk memperhatikan pola makan anak. Ibu dapat memberi bubur susu dan sari buah. Setelah itu, anak dapat makan makanan yang lebih padat, misalnya nasi tim.

Namun, masalah utamanya adalah proses ini tidak selalu berjalan mulus. Banyak hal yang membuat anak susah makan dan hal ini basa terjadi saat anak mulai memasuki tahun pertama. Lalu, bagaimana cara mengatasinya ketika anak susah makan?

Berikut tips yang mungkin dapat membantu:
1. Anda dapat mencoba menyajikan makanan dengan porsi kecil. Perlu diketahui bahwa anak-anak terutama balita, lambungnya masih belum dapat menampung terlalu banyak makanan. Oleh karena itu, berikan si kecil makanan sedikit demi sedikit.

2. Memberikan variasi makanan kepada anak. Anda dapat mencoba membuat beberapa menu makanan untuk si kecil. Ajak si kecil untuk memilih makanan-makanan yang dia sukai karena anak akan mau makan dengan makanan yang ia pilih. Buatlah saat makan menjadi saat yang menyenangkan.

Untuk membuat anak mau makan dan senang untuk menyantap makanannya, ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat memberikan anak makan, yaitu:

1. Mengancam anak
2. Menakut-nakuti anak supaya ia mau makan lebih banyak
3. Menghukum anak jika tidak mau makan atau tidak mau menghabiskan makanannya.

Jangan lupa juga untuk selalu membuat makanan si kecil terlihat menarik. Contohnya Anda dapat mencetak nasi dalam berbagai bentuk atau menghiasi makanannya dengan sayuran.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)