Bawang Putih Ampuh Normalkan Tensi Darah

23 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Bawang putih atau yang dikenal dengan nama latin Allium sativum mengandung allicin dan alliin yang berguna untuk mencegah atau pun mengurangi penyakit tekanan darah, terutama bagi mereka yang memiliki darah tinggi. Bawang putih juga baik dikonsumsi bagi penderita darah rendah karena mengandung beberbagai macam senyawa kimia seperti vitamin, kalsium, zat besi, protein dan lain-lain.

Selain sering digunakan sebagai bahan pelengkap masakan atau makanan, bawang putih juga sering digunakan sebagai campuran dari rempah-rempah. Manfaat lain dari bawang putih yang lainnya, yaitu bisa mengurangi atau menyembuhkan beberapa macam penyakit, beberapa diantaranya adalah bisa digunakkan untuk obat anti kanker, untuk membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi kolesterol, bisa mengurangi atau menyembuhkan penyakit radang, flu atau demam. Bawang putih juga bisa mencegah penyakit jatung, mengobati penyakit rematik dan juga menormalkan tensi darah pada tubuh. Bukan hanya bagi orang-orang yang memiliki tensi darah tinggi, bawang putih juga dapat membantu untuk menormalkan tekanan darah rendah.

Orang yang memiliki tensi darah yang tinggi biasanya diakibatkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah faktor keturunan yang diwariskan oleh kedua atau salah satu dari orang tuanya, usia pun juga berpengaruh karena semakin bertambahnya usia seseorang, elastisitas dari pada pembuluh darah seseorang akan semakin berkurang.

Kesukaan orang mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak mengandung gula, lemak atau kolesterol tinggi, seperti daging kambing, daging bebek, jerohan atau telor burung puyuh, makanan yang mengandung banyak garam atau memasak memakai banyak garam seharusnya, harus mulai dikurangi juga.

Kurangnya aktivitas tubuh atau gerak, seperti berolah raga, banyak orang-orang yang bekerja di kota-kota besar atau kantoran yang jarang berolah raga karena padatnya waktu kerja dan kurangnya lahan hijau atau tempat untuk berolah raga, memiliki pikiran yang berat dan berlebih sehingga bisa mengakibatkan stres yang berkepanjangan, kurangnya waktu tidur atau istirahat yang cukup juga bisa menjadi pemicu dari penyakit ini dan masih banyak lagi.

Sedangkan bagi orang yang memiliki tensi rendah bisa diakibatkan karena kurangnya mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung nutrisi, kekurangan darah akibat luka, datang bulan yang tidak normal secara terus-menerus atau lainnya, dehidrasi atau kurangnya mengkonsumsi air putih atau cairan yang bagus bagi tubuh, detak jantung yang tidak normal, penyumbatan pembuluh darah dan lain-lainnya.

Orang yang memiliki gejala darah rendah, hendaknya juga jangan menganggap remeh. Karena itu juga merupakan suatu penyakit dan kekurangan yang terjadi di dalam tubuh dan juga dapat mengakibatkan bahaya bagi kondisi tubuh. Penyakit darah tinggi jika tidak segera ditangani atau dibiarkan saja bisa mengakibatkan penyakit seperti penyakit jatung, stroke, gagal ginjal dan lain-lain. Sedangkan untuk akibat dari orang-orang yang memiliki darah rendah walau tidak separah orang-orang yang mengalami darah tinggi juga harus diwaspadai.

Orang yang mengalami darah rendah biasanya akan cepat pusing, menggangu tekanan jatung bahkan sampai jatuh pingsan. Hal itu dapat mengganggu aktivitas atau kegiatan seseorang. Oleh sebab itu maka untuk kedua penyakit tersebut diperlukan penanganan segera, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih.

Bawang putih akan lebih berkhasiat jika dimakan dalam keadaan segar atau mentah atau tidak dimasak terlebih dahulu, supaya tidak mengurangi kadar kegunaan atau vitamin di dalamnya. Anda bisa memakannya dengan memotong kecil-kecil dan mencampurkannya ke dalam salad.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagi sumber)