Bawang Prei dan Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

10 November 2018 Artikel Kesehatan


Lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama daun bawang, bawang prei sendiri merupakan salah satu jenis bawang yang tidak memiliki umbi. Sering digunakan sebagai pelengkap sayuran pada beberapa makanan, menjadikan bawang prei banyak digemari dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Bawang prei memiliki batang yang besar dan tebal dengan daun yang panjang pipih serta terdapat rongga pada batangnya. Di balik segala kelezatan bawang prei, rupanya bawang prei juga memiliki segudang manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasan berikut ini.

Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang prei merupakan suplemen yang baik bagi jantung. Kromium yang ada dalam vitamin B6 serta belerang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Kromium tidak hanya mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat tetapi juga meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, sehingga melindungi jantung Anda dari berbagai potensi penyakit lainnya. Bawang prei juga mengandung kalium yang berfungsi mengatur tekanan darah. Alhasil, jika kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh Anda diatur dengan baik, risiko serangan jantung dan stroke juga bisa diminimalisir.

Membantu dalam mengurangi peradangan

Peradangan atau inflamasi dalam tubuh tenyata dapat diatasi dengan bawang prei. Hal ini karena sayuran ini mencegah terbentuknya enzim yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang prei sangat baik karena bersifat anti-inflamasi dan anti-histamin.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bawang prei merupakan sumber makanan yang kaya akan phytochemical. Zat ini bertugas untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta menghilangkan enzim yang bertanggung jawab untuk penciptaan radikal bebas dalam tubuh manusia. Dengan cara ini, potensi kerusakan jaringan sel dan DNA dapat diminimalisir dengan baik.

Membantu untuk mencegah kanker

Ketika Anda mengkonsumsi bawang prei secara teratur, Anda juga menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid dalam bawang prei. Quercitin merupakan flavonoid dalam bawang prei yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di usus besar, sehingga mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar. Kaempferol dalam bawang prei juga memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi perempuan karena flavonoid ini menurunkan risiko terkena kanker ovarium hingga mencapai 40 persen.

Membantu mengatur gula darah

Bawang prei merupakan gudang allyl propyl dan kromium. Allyl propyl berguna dalam mengurangi kadar glukosa dalam darah, sedangkan kromium mengatur gula darah dan menurunkan tingkat insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang prei adalah sayuran yang terbaik untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)