Bawang Merah, Umbi Kaya Manfaat yang Sering Dihindari

25 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Siapa yang tak kenal dengan bawang merah? Jenis bumbu masakan ini kerap digunakan sebagai penyedap rasa dalam makanan sehari-hari. Dan ternyata, jenis tanaman umbi ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.Tetapi jangan heran jika sebagian orang sama sekali enggan mengonsumsi makanan yang mengandung bawang atau diolah dengan campuran bawang. Karena bawang masih dianggap sebagai pemicu bau badan.

Bawang merah atau bernama Ilmiah Allium Cepa L, merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae adalah jenis tanaman berakar dangkal dan bercabang berpencar. Penghasil utama terbasar bawang merah meliputi daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB,dan Sulawesi Selatan. Bawang merah juga mengandung senyawa berkhasiat sama halnya dengan bawang putih. Bawang merah mengandung senyawa terbanyak seperti kuersetin, antioksidan kuat yang dapat bertindak sebagai gen untuk menghambat sel kanker. Kandungan nutrisi lain yang diketemukan pada bawang merah antara lain: protein, mineral, sulfur, antosianin, karbohidrat dan serat.

Lantas, apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan? bawang merah ternyata bisa membantu menurunkan tingkat gula dalam darah Anda. Selain itu, bumbu masak yang bisa buat mata perih ini juga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sumber vitamin K dan vitamin C, dan juga menjadi sumber vitamin A yang sangat baik. Tak hanya siungnya saja yang memberi manfaat, daunnya pun menjadi penambah gizi yang dapat menjadi sumber ragam vitamin dan mineral untuk membantu menyembuhkan ragam penyakit.

Dan yang tak kalah penting, bagi Anda yang saat ini terkena flu, Anda bisa menggunakannya sebagai obat alami untuk menyembuhkan pilek tersebut. Selain itu, bila bumbu masak ini dicampur di makanan pembuka, itu akan baik untuk kesehatan Anda. Karena kandungan zatnya, dapat membantu proses pencernaan Anda dengan baik.

Banyak orang percaya bahwa mengosumsi bawang mentah atau makanan yang mengandung bawang dapat memicu bau badan. Kita tentu saja harus maklum dengan anggapan tersebut, karena orang dengan bau badan tak sedap, bukan saja mengganggu sekelilingnya tapi juga menghilangkan kepercayaan diri. Tapi apakah bawang benar-benar memicu bau badan? Faktanya bawang bukanlah sebagai faktor utama. dr. Diana F. Suganda, M.Kes, ahli gizi mengatakan karena munculnya bau badan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor utama yang memicu bau badan adalah berasal dari bakteri. Ketika keringat yang keluar dari tubuh Anda bercampur dengan bakteri, maka aroma sedap sudah dipastikan tercium dari tubuh Anda. Bakteri-bakteri pemicu bau tak sedap ini mudah muncul pada beberapa daerah lipatan di tubuh seperti ketiak.

Bawang termasuk jenis sayuran yang bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga kita akan lebih mudah berkeringat. Jadi selama Anda rajin menjaga kebersihan tubuh, tak masalah untuk memakan bawang.

Kalau makanan Anda lebih nikmat dengan ditambahkan bawang, kenapa tidak?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)