Bau Badan Mengganggu Aktivitasmu? Ini Cara Mengatasinya.

30 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Aktivitas kita sehari hari dalam bekerja selalu memicu adanya keringat di beberapa bagian tubuh kita. Keringat yang berlebihan dapat memicu adanya bau badan. Pernah merasa terganggu dengan bau badan seseorang? atau anda sendiri yang mengalaminya? Tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas dan membuat kita kurang percaya diri.

Apalagi saat berkumpul dengan teman atau di tengah kerumunan orang banyak. Bau badan timbul disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam aktivitas kita sehari-hari, yang kemudian dipicu oleh keringat sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap atau dapat juga terjadi karena kurangnya kebersihan badan.

Bau badan selalu menjadi alasan utama tidak percaya diri dalam bergaul dengan orang orang di sekitar kita. Segala cara dapat kita lakukan dengan menggunakan parfum, dan pewangi lainnya. Cara ini tidak selalu berhasil dan justru membuat kita menjadi perhatian sekitar karena pewangi yang berlebihan. Yang perlu kita lakukan adalah menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau badan.

Berikut ini cara alami menghilangkan bau badan:
1. Kurangi Konsumsi Bawang
Selain dapat menyebabkan bau badan, bawang juga dapat membuat napas kita menjadi tidak sedap. Untuk itu mulai sekarang cobalah untuk mengurangi makanan yang banyak mengandung bawang, yang dapat menyebabkan keringat menjadi bau.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, yaitu dengan cara peraslah jeruk nipis, lalu air jeruk nipis yang telah diperas tadi dicampur sedikit kapur sirih. Kemudian gosokkanlah pada bagian yan dapat menimbulkan keringat seperti ketiak.

3. Daun Sirih
Daun sirih dikenal ampuh untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Selain mudah untuk didapat, caranya yang digunakan juga sangat mudah yaitu dengan merendam beberapa daun sirih kedalam air panas. Lalu airnya diminum setiap hari sampai bau badan menjadi berkurang. Atau biasa juga dengan mencoba menghaluskan daun sirih yang telah dicampur dengan kapur, lalu oleskanlah pada bagian ketiak.

4. Mentimun
Selain baik bagi kesehatan tubuh, ternyata mentimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Yaitu dengan cara mengupas 1 buah mentimun muda, lalu gosokkanlah mentimun tadi ke bagian badan yang bau. Lakukanlah setiap hari secara teratur setiap habis mandi.

Cobalah tips-tips untuk mencegah bau badan secara alami ini di rumah. Selain itu, tingkatkan pula nutrisi makanan yang anda konsumsi sehari-hari seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)