Basmi Nikotin dalam Tubuh dengan Makanan Ini

9 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Nikotin adalah senyawa organik alkaloid yang kebanyakan terdiri dari nitrogen, karbon, dan terkadang juga oksigen. Senyawa kimia ini mempunyai efek kuat dan bersifat stimulan terhadap tubuh manusia. Nikotin ini sering kali di jumpai pada rokok maupun daun tembakau. Sebatang rokok biasanya terkandung sebanyak 8-20 mg nikotin dan sebenarnya hal itu cukup mengancam bagi kesehatan tubuh kita. Seperti diketahui jika rokok adalah sumber berbagai macam penyakit, seperti penyakit paru-paru, serangan jantung, kanker, stroke dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak lain dikarenakan adanya kandungan nikotin di dalamnya.

Mengingat akan bahayanya nikotin pada tubuh kita, untuk itu dari sekarang mulailah untuk berhenti merokok. Akan tetapi, apabila Anda sudah telanjur mengisap nikotin dalam jumlah banyak dalam tubuh Anda, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang ampuh untuk membasmi nikotin dalam tubuh, bahkan dalam jangka waktu yang singkat.

Nah, berikut ini makanan ampuh yang dapat membasmi nikotin dalam tubuh:
1. Jahe
Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jahe ini termasuk dalam kategori obat tradisional yang telah dimanfaatkan oleh nenek moyang sejak zaman dahulu. Salah satu dari manfaat jahe ini adalah mampu menghilangkan efek negatif nikotin dari tubuh. Anda bisa saja langsung mengunyahnya, namun jika tidak cobalah untuk mencampurkan dalam minuman atau sering di sebut dengan wedang jahe.

2. Wortel
Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Namun disisi lain, sayuran ini juga mampu membasmi nikotin dalam tubuh. Kandungngan vitamin dan nutrisi dalam wortel ampuh untuk menciptakan pertahanan alami yang mampu melawan racun berbahaya di dalam tubuh.

3. Bayam
Bayam di dalamnya terkandung kaya akan asam folad serta vitamin B9. Kedua nutrisi itu mampu menghilangkan nikotin dalam jangka waktu yang singkat. Di samping itu, kandungan serat yang terdapat pada bayam juga sangat baik bagi pencernaan di dalam tubuh.

4. Jeruk
Seperti yang diketahui, jeruk adalah sumber dari vitamin C. Saat kita sedang memakan jeruk secara otomatis nikotin yang ada dalam tubuh juga akan keluar dalam waktu kurang dari 24 jam. Selain itu, kandungan Vitamin C pada jeruk juga mampu untuk membangun sistem kekebalan pada tubuh.

5. Lemon
Sama dengan jeruk, buah yang satu ini juga mampu memusnahkan racun nikotin dari dalam tubuh. Lemon mengandung asam sitrat dan Vitamin C yang ampuh memerangi nikotin. Anda bisa saja mencampurkan lemon ini dengan air hangat, dan minum setidaknya 2 kali sehari.

6. Gandum
Merokok bisa membuat pembuluh darah menjadi sempit sehingga berakibat pada terhambatnya aliran darah dan berakhir dengan serangan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan lain lain-lain. Di dalam gandum terkandung Vitamin E yang ampuh melonggarkan pembuluh darah dan juga membuang racun nikotin dalam waktu kurang dari 24 jam, dengan kata lain aliran darah kembali normal.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)