Bahaya Tidur di Ruangan yang Terlalu Dingin

29 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Tahukah Anda, jika tidur diruangan yang dingin itu tidak baik untuk kesehatan?

Kebanyakan orang akan lebih senang jika tidur diruangan yang dingin alasannya karena bisa membuat tidur menjadi lebih nyeyak sehingga jika yang memiliki pendingin udara maka akan diaktifkan ke level yang dingin.

Namun perlu dikethaui bahwa jika kebiasaan tidur diruangan yang dingin itu ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Sebuah penelitian di Jepang menemukan jika tidur terlalu dingin maka akan menyebabkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih tinggi di pagi hari. Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang tidur dalam suhu dibawah 15 derajat celcius memiliki peningkatan tekanan darah antara 6-8 persen dibandingkan dengan mereka yang tidur dalam suhu sekitar 24 derajat celcius.

Lalu apa hubungannya antara tekanan darah yang meningkat dengan udara dingin ketika tidur? Jawabannya karena ketika tidur disuhu yang dingin maka pembuluh darah kita akan mengerut sementara jantung harus bekerja ekstra untuk tetap menghangatkan tubuh kita di suhu yang dingin tadi.

Tekanan darah yang kuat dengan pembuluh darah yang sempit jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat buruk pada jantung yang menyebabkan kita terserang penyakit jantung.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang suka tidur disuhu yang terlalu dingin? Sebaiknya kebiasaan ini mulai ditinggalkan jika tidak ingin mengalami masalah pada jantung dan tekanan darah.

Oleh Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)