Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

18 April 2013 Artikel Kesehatan


Banyak anggapan yang mengatakan bahwa tidur dengan lampu padam jauh lebih nyenyak. Namun ternyata lebih dari itu, tidur dengan lampu tidak menyala sangat baik buat kesehatan tubuh dan bisa mencegah beberapa penyakit. Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap orang setiap malam hari. Beberapa manfaat tidur malam tersebut yaitu dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran kita setelah seharian beraktivitas yang terbilang padat. Ada sebagian orang yang tidur dengan lampu menyala dan ada pula yang tidur dengan lampu padam. Lalu, adakah bahaya dari tidur dengan lampu menyala bagi kesehatan tubuh ?

Tidur dengan lampu menyala memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Ini dikarenakan, tidur dengan lampu menyala akan menurunkan kekebalan tubuh anda. Sehingga akan rentan terkena serangan berbagai penyakit.

Inilah bahaya dari tidur dengan lampu menyala:

  1. Tidur dengan lampu menyala akan menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin adalah hormon yang berkaitan dengan kekebalan tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur agar hormon melatonin dapat berproduksi di tubuh. Hormon melatonin ini dapat mencegah berbagai penyakit dalam tubuh termasuk kanker payudara maupun kanker prostat.
  2. Tidur dengan lampu menyala akan merangsang pembentukan sel kanker. Oleh karena itulah, mematikan lampu saat tidur di malam hari merupakan solusi paling mudah untuk mencegah penyakit kanker tersebut.
  3. Tidak menyalakan lampu saat terjaga di malam hari juga sangat di anjurkan. Ini dikarenakan, paparan jangka pendek dari lampu menyala tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit kanker.


Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Prof. Rusle Reiter dari Texas University mengatakan sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit, otak anda akan langsung mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin akan menurun. Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London menyatakan bahwa orang yang menyalakan lampu saat tidur pada malam hari lebih besar peluangnya terkena kanker. Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam sampe dengan jam 8 pagi.

Bagi anda yang sudah terlanjur terbiasa dengan lampu menyala saat tidur, cobalah mengubah gaya hidup anda dengan bertahap. Pertama jika anda masih takut gelap, coba nyalakan lampu dinding terlebih dahulu sehingga ruangan anda masih remang-remang. Jika sudah terbiasa cobalah matikan lampu tersebut.

(Dikutip dari berbagai sumber)