Bahaya, Terlalu Lama Duduk Menonton TV

18 November 2010 Artikel Kesehatan


Berapa lama Anda duduk di depan televisi dalam satu hari? Jika seringkali duduk terlalu lama, diikuti kebiasaan tak sehat seperti merokok atau pola makan tak teratur, bersiaplah dengan risiko kesehatan, bahkan kematian prematur akibat penyakit kardiovaskular.

Ahli endokrinologi dari Mayo Clinic, James A Levine, MD, PhD, mengatakan sebuah studi menyebutkan orang dewasa yang duduk lebih dari empat jam sehari di depan televisi, berisiko 80 persen lebih tinggi mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular.
Sementara, orang dewasa yang duduk kurang dari dua jam sehari di depan televisi lebih aman dari risiko kematian ini. Tentu saja, sejumlah faktor juga turut memengaruhi seperti kebiasaan merokok dan pola makan yang buruk.

Risiko ini tak hanya disebabkan karena terlalu lama duduk menonton televisi. Duduk di belakang kemudi juga meningkatkan risiko kesehatan Anda. Bahkan, menebusnya dengan berolahraga beberapa waktu di pusat kebugaran tak lantas menurunkan risiko ini secara signifikan.

Solusinya, kata Levine, adalah mengurangi lama waktu duduk dan bergerak lebih sering. Dengan berdiri, Anda sedang membakar kalori tiga kali lebih banyak dibandingkan posisi duduk.

"Kontraksi otot, termasuk saat berdiri, mendorong perontokan lemak dan gula. Sementara saat Anda duduk, kontraksi otot berhenti," katanya.

Kontrol diri Anda, jika sudah terlalu lama duduk, segeralah bergerak, berdiri atau berjalan kaki beberapa waktu.

Sumber: kompas.com