Bahaya Sering Makan Gorengan

10 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Mayoritas orang Indonesia sangat gemar menyantap makanan yang satu ini. Yap, dia adalah gorengan. Camilan bahkan makanan ini bisa dijadikan sarapan begitu mudah ditemukan. Seakan lupa pada bahaya yang mengintai untuk tubuh kita, melahap potongan demi potongan rasanya tak masalah. Padahal gorengan termasuk kategori junk food loh!

Sudah tahu kan bahaya junk food?

Nah berikut beberapa bahaya dari makan gorengan terlalu sering:

Nyeri dada atau heartburn
Sensasi terbakar pada dada yang sering menjadi parah pada saat mengambil posisi berbaring atau membungkuk. Disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esofagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung). Cara terbaik menghindari masalah tersebut dengan mengurangi asupan gorengan.

Gastroenteritis
Peradangan pada lapisan lambung akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dapat memicu gastroenteritis. Gastroenteritis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya muntah dan diare. Gejala umum lainnya pada gangguan ini meliputi gangguan pencernaan, muntah, mual, penurunan berat badan, kembung, kehilangan nafsu makan, dan bersendawa. Walaupun tidak berkaitan dengan influenza, penyakit ini juga sering disebut flu perut dan flu lambung.

Merusak dan menyumbat pembuluh darah
Nangka, singkong, ubi, dan pisang sebenarnya produk alam yang sehat. Namun, bahan makanan yang sehat bisa menjadi tidak sehat bila diolah dengan cara digoreng. Menggoreng makanan tersebut bisa membentuk asam lemak trans (Trans Fatty Acid atau TFA) yang dapat merusak dan menyumbat pembuluh darah. Lemak trans juga akan merangsang tenggorokan dan membuatnya gatal sehingga mudah terserang batuk, bahkan menyebabkan radang amandel.

Kanker
Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menjelaskan dalam situsnya bahwa makanan yang kaya karbohidrat atau tepung yang mengalami penggorengan atau proses pemasakan dengan suhu yang tinggi dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik yang menjadi pemicu kanker, yaitu akrilamida. Dosis tertentu akrilamida juga beracun bagi sistem saraf manusia.

Jadi, kurangi makan gorengan agar tubuh kita tetap sehat.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)