Bahaya Menyajikan Makanan Panas di Piring Berbahan Melamin

27 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Senang mengoleksi piring atau gelas dari bahan melamin? Selain warnanya yang cantik dan menarik, piring atau gelas dari bahan melamin tidak akan pecah jika terjatuh. Sehingga mungkin menjadi pilihan Anda untuk mengoleksinya. Namun Anda harus mengetahui bahaya nya bila menaruh makanan yang panas di atas piring berbahan melamin. Kenapa berbahaya ? Karena dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan kita. Untuk mengetahui lebih lanjut mengetahui dampak negatif yang bagaimana, ikuti penjelasan berikut ini.

Melamin adalah zat yang berbahaya yang bila dikonsumsi bisa merusak ginjal. Tak hanya sebatas pada bagian ginjal saja, namun juga dapat mengakibatkan kanker prostat dan kemandulan.

Menurut sebuah penelitian terbaru, makan makanan panas yang diletakkan di atas piring berbahan melamin bisa mengakibatkan peningkatan kadar melamin pada urin. Hal ini akan berpotensi menyebabkan batu ginjal baik pada orang dewasa ataupun anak-anak. Batu ginjal adalah bagian padat seperti batu yang terbentuk di dalam ginjal, yang menyebabkan rasa nyeri, infeksi, hingga pendarahan.


Bahaya yang ditimbulkan jika makanan panas diletakkan pada mangkuk melamin lebih tinggi. Ada penelitian yang dilakukan di Taiwan melibatkan peserta dalam jumlah kecil. Sebanyak 12 wanita dan pria diminta untuk menyantap sup mie panas yang ditempatkan di mangkuk berbahan melamin. Setelah itu, peneliti lantas mengumpulkan sampel urin para peserta tersebut setelah 12 jam.

Tiga minggu kemudian, para peserta juga diminta untuk melakukan hal yang sama, namun bedanya, makanan panas tersebut ditempatkan di mangkuk keramik. Sama seperti sebelumnya, para peneliti juga mengumpulkan sampel urin para peserta untuk dianalisis lebih lanjut.

Hasil penelitian mengatakan bahwa tingkat melamin pada peserta yang makan mie dari mangkuk berbahan melamin adalah sebanyak 8,35 mikrogram. Sedangkan untuk peserta yang makan mie dari mangkuk keramik, kadar melaminnya hanya sekitar 1,3 mikrogram. Hal ini secara nyata menunjukkan adanya perbedaan kadar melamin yang cukup besar, dimana hal tersebut berisiko untuk menyebabkan batu ginjal.

Untuk menurunkan risiko terkena melamin, sebaiknya tidak makan makanan yang panas dengan menggunakan wadah/piring/mangkuk yang berbahan melamin. Menurut FDA, badan pengawas obat & makanan di Amerika Serikat, melamin telah disetujui untuk pembuatan berbagai produk termasuk diantaranya adalah peralatan masak dan pelapis industri. Badan pengawas ini menyatakan jika peralatan makan berbahan melamin adalah aman untuk digunakan. Namun demikian, FDA mengingatkan konsumen untuk tidak memanaskan makanan (terutama yang asam) di atas piring berbahan melamin.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)