Bahaya Menahan Buang Air Kecil

11 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Keinginan untuk Kencing bisa muncul kapan saja. Pada pertemuan penting, di tempat-tempat tertentu yang tidak memungkinkan untuk ke kamar mandi. Dan karena alasan tersebut Anda harus menahan kencing sampai menemukan toilet atau waktu yang memungkinkan. Tapi sebenarnya bahaya tidak menahan buang air kecil?

Benjamin Brucker, M. D, asisten profesor di jurusan urologi NYU Langone Medical Center menjelaskan; Meskipun menahan buang air kecil tampak sebagai hal yang sepele, tapi dampak yang ditimbulkan bisa dibilang berbahaya.

Haruskah Buang Air Kecil Dilakukan Saat Itu Juga?
Rasa ingin buang air kecil yang ditahan terlalu lama bisa begitu menyakitkan. Brucker menyarankan untuk buang air kecil pada 'saat yang tepat'. Dengan kata lain, kita memang sebaiknya langsung pergi ke toilet saat sudah terasa ingin buang air kecil. Jangan sampai ditahan terlalu lama yang malah bisa menimbulkan rasa sakit.

Berapa Lama Kita Boleh Menahan Buang Air Kecil?
Pada dasarnya, kemampuan tubuh kita untuk menyimpan air seni itu dipengaruhi oleh sejumlah hal. Brucker menjelaskan bahwa biasanya wanita bisa menahan buang air kecil selama tiga hingga enam jam. Tapi tidak semua wanita bisa melakukannya. Semua tergantung dengan banyaknya air seni yang dimiliki orang tersebut yang dipengaruhi oleh kadar hidrasi dan asupan cairan, dan juga kapasitas kandung kemihnya yang ditentukan oleh besarnya kandung kemih dan sensitivitas kandung kemih tersebut.

Bagaimana Kalau Terpaksa Menahan Buang Air Kecil ?
Tidak ada komplikasi khusus yang bisa terjadi ketika Anda menahan buang air kecil, meskipun masih ada kemungkinan untuk terkena infeksi saluran kencing yang bisa disembuhkan dengan anti biotik.

Salah satu tanda Anda terkena infeksi saluran kencing adalah keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Atau bisa juga kondisi seperti kandung kemih yang terlalu sensitif dan sakit. Dan jangan lupa baca juga Jangan Biasakan untuk Menahan Buang Air Kecil. Intinya tetap cukupi asupan cairan tubuh dengan baik. Dan demi kebaikan tubuh, sebaiknya memang tidak menahan untuk buang air kecil terlalu lama.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags