Bahaya! Kondisi Udara yang Buruk Dapat Picu Tekanan Darah

12 Agustus 2017 Artikel Kesehatan


Jika biasanya tekanan darah dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pola makan yang buruk, kurangnya olahraga dan sering tidur larut, rupanya penelitian terbaru menunjukkan bahwa kondisi udara yang buruk atau berpolusi rupanya dapat memicu naiknya tekanan darah Anda.

Hal tersebut dilaporkan dari penelitian yang diterbitkan di jurnal kesehatan Hypertension yang menyatakan bahwa ada hubungan mengejutkan antara tekanan darah tinggi dengan polusi udara.

Seperti yang dianalisa oleh beberapa peneliti asal China yang dikepalai Yuanyuan Cai dari Sun Yat-Sen University, mereka mengadakan percobaan dan mendapatkan hasil di mana orang-orang yang mengalami kontak terus-menerus dengan polusi udara tingkat tinggi (140 mm Hg), dengan komposisi ozone, karbon monoksida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida cenderung mengalami tekanan darah tinggi dibanding mereka yang terekspos lebih sedikit polusi udara.

Bagi Anda yang sering terpapar polusi udara, risiko terkena tekanan darah tinggipun akan semakin meningkat. Bahkan akan menimbulkan efek samping jangka pendek maupun panjang. Bahkan risiko serangan hipertensi ini tetap tinggi meskipun faktor penyebab lainnya, seperti kelebihan berat badan dan masalah jantung sudah normal.

Dengan begitu, Anda dihimbau agar terus menjaga kesehatan tubuh dan terbebas dari tekanan darah tinggi dengan langkah pencegahan seperti rajin memakai masker ke manapun pergi dan menghindari area-area berpolusi udara tinggi seperti halnya jalan raya, dan tempat lainnya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)