Bahaya Akibat Seseorang Kurang Tidur

23 April 2017 Artikel Kesehatan


Tidur cukup merupakan hal yang sebaiknya dilakukan setiap orang. Allah menciptakan siang dan malam tidak ada yang sia-sia. Penciptaan siang dan malam memiliki tujuannya. Allah menjadikan siang untuk beraktivitas dan menjadikan malam untuk beritirahat. Oleh karena itu maka marilah kita gunakan waktu sebaik-baiknya dan sesuai dengan fungsinya.

Ketika seseorang menyalahi fungsi, seperti misalnya tidak menggunakan malam untuk beristirahat. Akan ada banyak sekali dampak buruk baik itu untuk kesehatan tubuh maupun untuk kesehatan mental. Dampak buruk apabila kebiasaan begadang (beraktivitas di malam hari) ini sering dilakukan akan berpengaruh pada;
*. menurunnya produktivitas bekerja
*. malas bangun pagi
*. tubuh menjadi cepat lelah
*. tidak fokus dalam bekerja
*. kurangnya konsentrasi
*. kurang bergairah/tidak semangat
*. mudah stress, depresi, dan mudah marah
*. serta dampak buruh yang paling berbahaya adalah tertidur tiba-tiba.

Banyak kejadian pengemudi sepeda motor yang jatuh karena si pengemudi tersebut tertidur tiba-tiba karena kelelahan. Tentu ini akan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu, maka marilah kita gunakan malam sebagai waktu untuk beristirahat dan siang untuk beraktivitas sebagaimana maksud dari penciptaan siang dan malam. Tidur itu sangat penting, cukup tidur tentunya akan membuat jasmani maupun rohani tetap sehat. Tidur cukup berarti sesuai porsinya tidak kurang tidur maupun tidak tidur berlebihan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)