Bagi Penderita Asma, Inilah Olahraga yang Aman untuk Anda!

5 Maret 2019 Artikel Kesehatan


Orang yang menderita penyakit asma sering kali khawatir untuk berolahraga karena takut asma kambuh. Padahal mereka tidak perlu takut untuk berolah raga, justru dianjurkan. Pemilihan jenis olahraga perlu dipertimbangkan baik-baik, sebab beberapa di antaranya bisa memicu sesak nafas.

Menurut sebuah penelitian, orang yang menderita asma justru akan lebih merasakan manfaat jika melakukan olahraga. Berikut beberapa olahraga yang cocok bagi penderita asma:

Renang

Olahraga jenis ini sangat dianjurkan untuk penderita asma. Berenang dapat melatih sistem pernafasan Anda. Selain itu, berenang juga memperbaiki kerja otot pernafasan. Berenang juga tidak beresiko cedera sendi, untuk ini olahraga air ini sangat dianjurkan bagi semua usia.

Yoga

Dengan yoga, Anda bisa melatih pernafasan Anda. Olahraga yoga dapat melatih tubuh, membantu memperkuat otot, dan menenangkan pikiran. Karena cenderung di dalam ruangan sehingga kecil kemungkinan terjadi serangan asma ketimbang di luar ruangan.

Jalan kaki

Olahraga yang satu ini merupakan olahraga ringan bagi penderita asma. Anda bisa berjalan kaki ke pasar, mengitari taman, atau mengitari komplek rumah di pagi hari. Selain di luar rumah, Anda juga bisa gunakan treadmill untuk olahraga ringan ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)