Bagi Anda Vegetarian, Inilah Sumber Protein yang Baik!

13 April 2019 Artikel Kesehatan


Protein sebagai sumber energy sangat penting bagi tubuh kita. Mencukupi kebutuhan protein, terutama bagi para vegetarian memang membutuhkan perhatian khusus. Mengingat sumber protein terbesar didapat dalam makanan - makanan hewani, seperti daging, susu, dan telur.

Namun jangan khawatir, absen mengonsumsi protein hewani bukan berarti Anda kekurangan asupan protein, karena protein juga terdapat dalam tumbuhan. Berikut ini daftar makanan sumber protein untuk vegetarian:

Kedelai

Merupakan sumber tanaman yang kaya akan protein berkualitas tinggi dan diperkaya isoflavin yang mampu mencegah penyakit seperti, kanker payudara, usus besar, kanker prostat, paru - paru, dan kanker rahim. Anda bisa mengkonsumsi kedelai dalam bentuk susu, tahu, tempe, dan bentuk makanan lainnya.

Kacang merah

Kacang merah kaya akan kandungan protein. Dalam satu cangkir kacang merah rebus mengandung 15 gram protein. Kacang merah memeiliki sembilan jenis asam amino.

Ganggang (Algae)

Ganggang biru-hijau, salah satu contoh yang sudah dikenal yaitu spirulina, adalah kelompok dari 1500 jenis tumbuhan air mikroskopik. Dua jenis yang paling umum dikonsumsi oleh manusia yaitu Spirulina maxima dan Spirulina platensis.

Selai kacang

Selai kacang merupakan sumber protein yang baik. Selain itu selai kacang juga merupakan sumber dari lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)