Ayo! Jaga Kesehatan Mata dengan 7 Langkah Ini

8 April 2014 Artikel Kesehatan


Salah satu panca indra yang paling penting adalah mata, dari panca indra ini maka kita dapat menikmati pemandangan alam, melihat segala sesuatu, tanpa adanya panca indra ini atau rusaknya panca indra ini hidup akan menjadi sangat berantakan maka dari itu kita harus menjaganya.

Mata merupakan organ vital manusia. Menjaga dan merawat kesehatannya sangat penting sama halnya seperti menjaga kesehatan organ penting lainnya seperti menjaga kesehatan jantung dan menjaga kesehatan ginjal. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut adalah tujuh cara menjaga dan merawat kesehatan mata

1. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran

Sayuran seperti wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu disebabkan beta karoten banyak mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Istirahatkan mata

Jika Anda terlalu lama menghadap komputer atau menonton televisi terlalu lama tentu mata Anda akan sakit. Jangan paksakan mata Anda untuk terus-menerus bekerja. Berikan istirahat pada mata selama beberapa menit untuk menghindari rasa sakit.

3. Berikan perlindungan pada mata

Berikan perlindungan pada mata dari sinar ultraviolet dengan menggunakan kacamata berwarna hitam. Terpapar sinar ultraviolet pada mata bisa menyebabkan penyakit katarak pada mata, turunnya fungsi retina, dan kanker.

4. Hindari membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan mata menjadi tegang dan lelah. Jika mata sudah terasa lelah, berhentilah untuk sementara waktu dan beristirahat.

5. Biasakan Membersihkan Mata

Biasakan membersihkan daerah sekitar mata, terutama menjelang tidur. Secara klinis penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan mata bagian dalam tidak disarankan sebab belum memiliki pembuktian.

6. Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat yang berjenis tetes pada mata. Menggunakan obat yang berjenis tetes pada mata untuk mengatasi mata merah boleh-boleh saja, namun perlu diingat hanya sesekali. Jika terlalu berlebihan, malah akan merusak kesehatan mata yang anda miliki.

7. Hindari kebiasaan mengucek mata

Jika mata terasa gatal, jangan langsung mengucek mata. Tangan belum tentu bersih, bisa saja mengandung kuman yang dapat menyebarkan penyakit pada mata. Sebaiknya gunakan obat tetes mata atau percikan air bersih di mata.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)