Ayo, Beri Makan Rambut

30 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Rambut yang tebal dan sehat menjadi dambaan banyak pria dan wanita. Sebab, rambut yang rontok dan menipis sering membuat seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Agar rambut selalu sehat, jaga keindahannya dengan pola makan dan olahraga.

"Olahraga tak hanya meningkatkan sirkulasi darah ke otot, tapi juga hingga ke rambut. Karena itu, rajin berolahraga akan membuat tubuh tampak kencang berotot sekaligus membuat rambut lebih tebal," kata Jim White, juru bicara American Dietetic Association.

Pola makan bergizi seimbang juga penting untuk keindahan rambut. Tubuh kita memiliki sistem prioritas. Bila jumlah nutrisi yang masuk terbatas, maka tubuh akan mengirimnya ke sel-sel yang penting untuk kelangsungan hidup. Karena itu, pastikan makanan Anda setiap hari mengandung variasi zat gizi sehingga sel-sel rambut pun mendapat jatah untuk membantunya tumbuh lebat dan sehat.

Berikut nutrisi yang dibutuhkan sebagai makanan rambut.

Protein
Protein merupakan zat gizi yang penting untuk pembentukan otot, tetapi juga dibutuhkan untuk kesehatan rambut karena rambut kita terbuat dari protein. Kekurangan protein akan membuat rambut rapuh, rontok, dan kusam. Penuhi kebutuhan protein tubuh dari daging ayam, daging sapi, telur, serta susu rendah lemak.

Zat besi
Menurut penelitian Cleveland Clinic Review, kekurangan zat besi bisa menyebabkan kebotakan rambut. Analisis itu dilakukan terhadap 11 penelitian yang mengaitkan hubungan antara asupan zat besi dan kebotakan. Sumber zat besi dari makanan antara lain daging merah tanpa lemak, kuning telur, kacang kering, serta serelia utuh.

Zinc
Rambut indah Anda mendadak gampang patah? Mungkin Anda perlu meningkatkan asupan makanan yang mengandung zinc. Penelitian menunjukkan mineral ini memengaruhi kadar androgen, hormon yang berkaitan dengan terjadinya rambut rontok. Sumber zinc terbaik antara lain tiram, kacang-kacangan, buncis, dan daging domba.

Asam lemak omega-3
Kekurangan asam lemak omega-3 akan menyebabkan kulit kepala kering dan rambut kusam. Pastikan setiap hari Anda mengonsumsi omega-3 yang bersumber dari ikan laut dalam, seperti salmon atau sardin. Bekatul dan kacang walnut juga disebutkan mengandung omega-3.

Air putih
Bila akhir-akhir ini rambut Anda cenderung kering, mungkin karena Anda dehidrasi. "Seperempat air yang kita minum juga dibutuhkan oleh rambut," kata White. Jadi, jangan sampai lupa minum air putih demi keindahan rambut.

Vitamin C
Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Karena itu, kekurangan dua zat gizi ini akan menyebabkan rambut kering dan rapuh. Vitamin C bisa didapat dari berbagai jenis buah-buahan dan sayur-mayur.

Sumber: health.kompas.com