Awas, Barang Pribadi Ini Tidak Boleh Dipakai Orang Lain

28 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Tidak selamanya barang-barang pribadi bisa digunakan orang lain. Namun sebisa mungkin, jangan pernah saling meminjam barang pribadi kepada orang lain. Bukan tanpa sebab, menurut ahli kesehatan sejumlah barang tersebut dapat menularkan virus yang berujung penyakit yang bisa berbahaya. Tidak percaya?

Berikut daftar barang yang tidak boleh digunakan orang lain:
1. Handuk

Pemakaian handuk bersama rentan menularkan penyakit kulit, juga herpes. Jadi jangan pinjamkan handuk Anda pada orang lain.

2. Sikat gigi
Schlosser menegaskan, penggunaan sikat gigi bergantian juga dapat menularkan infeksi. Bahkan berbagi sikat gigi dengan pasangan Anda. Menggunakan sikat gigi bergantian dapat meningkatkan tingkat bakteri dalam aliran darah

3. Sabun batang
Sabun batang yang digunakan bersama-sama dapat mudah sekali menularkan virus penyakit. Sebuah studi dari University of Florida menyebut bahwa infeksi dari bakteri methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) terjadi berulang, hingga membuatnya kebal terhadap pengobatan antibiotik. Lebih aman memakai sabun cair jika Anda menggunakannya bersama-sama.

4. Pisau cukur
Menurut dermatolog sekaligus direktur Program Kesehatan Kulit Perempuan di Northwestern Medicine, Bethanee J. Schlosser, MD, Ph.D., pisau cukur berkontribusi terhadap penularan hepatitis B, C, dan HIV. Alat pencukur jenggot dan kumis dapat terkena luka dan darah dari pemakai. Jika dipinjamkan ke orang lain, maka penyakit seperti hepatitis B, hepatitis C bahkan HIV dapat menular. Tidak hanya itu, penyakit seperti kurap yang disebabkan jamur juga bisa menyebar melalui pisau cukur.

5. Deodoran
Deodoran digunakan di area kulit yang sensitif, sehingga tidak seharusnya digunakan bersama. Anda bisa tertular pengguna lain yang mengalami bau badan, akibat bakteri yang tersebar.

6. Ponsel
Tahukah Anda telepon seluler (ponsel) menyimpan banyak bakteri karena seringnya ia disentuh namun tak pernah dibersihkan. Bahkan, menurut penelitian ponsel milik wanita jauh lebih kotor dibanding ponsel kepunyaan para pria. Salah satu penyebabnya adalah wanita juga sering menyentuh alat kosmetik dan mereka lebih rentan terkena flu. Penelitian menunjukkan bakteri yang sering tertinggal di permukaan ponsel antara lain bakteri penyebab influenza.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)