Atasi Keracunan Makanan dengan Ini!

9 Juni 2014 Artikel Kesehatan


Keracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja. Makan makanan yang tidak higienis atau alergi terhadap makanan zat makanan tertentu mampu menyebabkan keracunan. Ketika terinfeksi maka biasanya Anda akan menderita gejala mual, sakit kepala, diare, dan kram perut. Mengabaikan gejala ini dapat membuat penyakit ini lebih buruk.

Sakit perut, mual, diare, dan muntah mungkin pernah Anda alami, tetapi tahukah bila itu mungkin saja gejala Anda telah keracunan makanan? Gejala yang umum ketika keracunan makanan adalah muntah disertai pusing dan dehidrasi.

Tidak hanya masalah pencernaan, keracunan makanan juga bisa menyebabkan penderitanya meninggal. Berikut ada cara alami untuk mengobati orang keracunan makanan.

Jahe
Jahe adalah obat herbal alami yang sempurna untuk menyembuhkan segala jenis gangguan pencernaan termasuk keracunan makanan. Meminum teh jahe saat keracunan adalah langkah awal yang tepat untuk mengobati keracunan makanan.

Lemon
Sifat asam dari lemon dapat membantu membunuh bakteri penyebab keracunan makanan. Mengonsumsi satu sendok makan air lemon yang dicampur dengan sedikit gula selama beberapa kali dapat meredakan gejala keracunan Anda.

Cuka sari apel
Cuka sari apel mengandung alkali di dalamnya. Zat alami ini tidak hanya dapat membunuh bakteri penyebab keracunan, namun juga dapat menguatkan lapisan gastrointestinal di dalam perut.

Basil
Daun basil memang tidak terlalu familiar di Indonesia. Namun daun ini mampu berfungsi sebagai tanaman herbal yang efektif untuk menyembuhkan gangguan pencernaan seperti keracunan makanan. Minum air rebusan daun ini yang sebelumnya telah dicampur dengan madu. Obat herbal ini mampu membunuh bakteri penyebab keracunan makanan secara bertahap.

Teh
Teh mampu menyembuhkan infeksi perut yang terjadi akibat keracunan. Caranya, seduh teh peppermint atau jika tidak ada bisa seduh teh biasa dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes sari kemangi serta madu.

Kulit Delima
Rasa mual atau muntah akibat keracunan bisa diobati dengan kulit buah delima. Caranya, parut kulit buah delima hingga lembut lalu dimakan dan minum air putih atau air teh hangat agar tidak tersedak.

Lidah Buaya
Selain untuk kecantikan kulit, lidah buaya juga bisa dipakai untuk mengatasi keracunan. Caranya, lidah buaya yang sudah dicuci dijadikan jus. Minum tiga kali sehari (60 mg/minum).

Yogurt
Mikroorganisme dalam yogurt bisa membantu menyembuhkan muntah dan sakit perut. Hal ini sangat berguna untuk meredakan sakit perut dan juga muntah berlebihan akibat keracunan makanan.

Pisang dan Apel
Pisang dan apel merupakan buah kaya akan enzim yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab dari Anda keracunan makanan. Selain itu, makan buah pisang dan apel juga membantu pemulihan diare lebih cepat dan mengurangi sakit perut.

Air Putih
Pastikan Anda minum banyak air putih, karena akan membuat tubuh bertenaga dan meringankan kondisi keracunan makanan. Bahkan, minum air dapat membantu mengatasi rasa mual yang Anda rasakan. Selain itu, minum banyak air putih membantu tubuh mengeluarkan racun, sehingga memulihkan kesehatan lebih cepat.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)