Atasi Asam Lambung dengan 5 Obat Alami Berikut Ini

9 September 2014 Artikel Kesehatan


Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang sering dialami banyak orang. Selain menimbulkan sakit yang sangat luar biasa penyakit asam lambung juga dapat menganggu aktivitas. Penyakit asam lambung disebabkan karena meningkatnya produksi asam lambung pada saluran pencernaan terutama dibagian lambung.

Ini dikarenakan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga rasa sakit terbakar pun terasa sampai leher. Untuk mencegah hal lebih buruk terjadi, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara alami yang efektif menyembuhkan asam lambung.

1. Jahe

Jahe menawarkan manfaat meredakan asam lambung melalui dua cara, yaitu menyerap asam di perut dan membantu menenangkan syaraf yang berhubungan dengan asam lambung. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkannya pada masakan dan dibuat minuman seperti air jahe atau teh jahe. Jahe bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah asam lambung kembali terjadi.

2. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai pereda dan pendingin kulit terbakar. Fungsinya tersebut juga bisa digunakan pada perut. Lidah buaya dapat mengurangi inflamasi pada kerongkongan dan perut ketika asam lambung menyerang. Cara membuat jus lidah buaya adalah dengan menambahkan dua sendok teh lidah buaya ke dalam air lalu minum sebelum makan. Bisa pula membeli produk pasaran namun carilah produk dengan formula tanpa pencahar.

3. Baking Soda

Seperti yang dikatakan orang tua, natrium bikarbonat pada baking soda ampuh untuk meredakan asam lambung karena menetralkan asam. Cara mengonsumsinya yaitu dengan mencampur satu sendok baking soda dengan segelas air. Namun jangan memakai baking soda jika Anda terlalu sering mengalami asam lambung. Kandungan garam yang tinggi di dalamnya dapat memberi efek samping seperti bengkak dan mual.

4. Mengunyah Permen Karet

Meski terdengar aneh, tapi permen karet merangsang produksi air liur yang juga merupakan penyangga asam. Selain itu, mengunyah permen karet juga membuat Anda menelan lebih sering yang artinya mendorong asam jahat keluar dari kerongkongan. Pastikan permen karet yang Anda kunyah bebas gula dan aman untuk gigi.

5. Licorice

Licorice mempunyai fungsi menyembuhkan perut. Namun terlalu banyak makan licorice juga bisa menyebabkan efek bahaya seperti tekanan darah tinggi. Maka pilihlah suplemen licorice DGL, kunyahlah sebelum makan untuk meredakan asam lambung yang sangat tidak mengenakkan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)