Apakah Cara Keramas Anda Sudah Benar?

4 November 2019 Artikel Kesehatan


Bagi wanita, rambut menjadi ‘mahkota’ kecantikan mereka. Sebab rambut dapat memberikan kesan lebih pada penampilan seorang wanita. Maka dari itu, banyak wanita melakukan usaha ekstra untuk merawat mahkotanya itu, seperti creambath atau masker.

Namun, ada saja masalah yang muncul, seperti rambut berminyak, bercabang, bahkan rontok.Dan secara tidak sadar, hal tersebut disebabkan karena kesalahan sepele seperti cara mencuci rambut. Apa saja kesalahan sepele tersebut:

Keramas terlalu sering

Keramas cukup dua kali seminggu saja. Keramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering dan rusak.

Gesekan terlalu keras
Saat keramas tidak perlu menggesek kulit kepala terlalu keras karena akan merusak rambut dan membuatnya lebih kusut. Cukup pijat kulit kepala Anda dengan lembut memakai ujung-ujung jari, bukan dengan kuku.

Tidak Segera dibilas
Bila busa shampo dibiarkan lebih dari satu menit berada di kepala, bahan kimia shampo bisa tertinggal di kulit kepala. Sebaiknya etelah shampo meresap, segera bilas hingga bersih.

Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Pastikan Anda selalu menyisir rambut sebelum keramas. Ini bisa mencegah rambut kusut yang sulit diurai saat rambut dalam keadaan basah.

Menggunakan shampo terlalu banyak

Kandungan detergen dalam shampo bisa membuat rambut kering dan kehilangan kilau alami. Maka dari itu, gunakan shampo secukupnya saja. Jika rambut Anda tidak terlalu kotor, cukup gunakan shampo pada kulit kepala dan pangkal rambut untuk menyingkirkan kotoran dan minyak berlebih yang terpusat di kedua bagian tersebut.

Menggunakan air terlalu hangat

Jangan keramas dengan air yang terlalu hangat. Sebaiknya gunakan air dingin atau air dengan suhu suam-suam kuku. Sebab air yang terlalu hangat membuat kutikula pada batang rambut terbuka. Akibatnya rambut jadi tampak kusam.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)