Artikel Kesehatan
5 Juni 2012

Apa Sih Penyebab Bau Mulut?

Aroma napas tak sedap, atau halitosis, dapat menjadi masalah besar, terutama bila tengah membisikkan lelucon kepada teman Anda. Tapi, apakah Anda pernah bertanya-tanya penyebab hal yang sebenarnya sederhana tapi berdampak besar itu?

Bau mulut disebabkan oleh bakteri penyebab bau yang tumbuh di dalam mulut. Bila Anda tidak menyikat gigi secara teratur, bakteri akan menumpuk pada makanan yang tersisa di mulut dan antara gigi Anda. Senyawa sulfur tersebut dirilis oleh bakteri ini membuat napas menjadi bau.

Makanan tertentu, seperti bawang putih, dapat memicu bau mulut karena minyak dibawa ke paru-paru dan keluar melalui mulut Anda. Merokok juga merupakan penyebab utama bau mulut.

Napas tak sedap di pagi hari
Hampir setiap orang mengalami bau mulut di pagi hari. Itu karena ketika kita tidur, aliran air liur secara drastis berkurang sementara lidah dan pipi bergerak sangat sedikit. Ini memungkinkan residu makanan stagnan pada sel-sel mulut akan mati dan menumpuk di permukaan lidah, gusi, dan bagian dalam pipi. Bakteri dalam mulut pun mulai bekerja dan memecah residu ini sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap.

Meskipun normal, orang dengan hidung tersumbat dan bernapas dengan mulut pada malam hari lebih mungkin akan terpengaruh. Bau mulut di pagi hari biasanya akan menghilang setelah sarapan dan menyikat gigi karena air liur mulai mengalir lagi dan residu sisa yang hanyut dan tertelan.

Bagaimana dengan mereka yang mengalami bau mulut sepanjang hari? Penyebab paling umum dari halitosis sesekali termasuk merokok, minum alkohol, atau makan makanan tertentu. Merokok mengurangi aliran air liur di dalam tubuh dan memperburuk bau mulut. Diet atau puasa juga dapat menyebabkan halitosis. Ketika tubuh tidak lagi memiliki pasokan karbohidrat, glukosa akan terpecah dan disimpan dalam otot dan hati. Setelah beberapa jam, tubuh mulai memecah lemak. Sisa hasil metabolisme mereka, yang dikenal sebagai keton, menyebabkan napas tak sedap. Namun, bau mulut dapat dihindari jika Anda menjaga kebersihan mulut dengan cara tepat dan sikat gigi minimal dua kali sehari.

Sumber: mediaindonesia.com

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris