Apa Saja Makanan Sehat yang Bikin Jerawatan?

17 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Jerawat adalah salah satu masalah yang paling sering ditakuti oleh wanita. Bukan apa-apa sih, tapi kalau si kecil kemerahan ini muncul di saat yang tidak tepat seperti saat akan tampil atau kencan, bisa bikin wanita gelisah sendiri. Jerawat ternyata bukan hanya masalah anak remaja, bahkan orang dewasa pun dapat bermasalah dengan jerawat. Selain karena hormon, ternyata asupan makanan dan minuman serta gaya hidup seperti stress dan kurang tidur dapat memicu jerawat. Untuk memastikan organ terbesar pada tubuh kita, yaitu kulit tetap sehat maka kita harus memperhatikan baik-baik apa yang kita makan.

Katanya makan sayur dan buah bikin nggak gampang jerawatan. Tapi, ada juga makanan sehat yang bisa bikin jerawat muncul di kulit. Kata orang, kita berjerawat mungkin karena kurang makan sayur dan buah. Namun ada beberapa jenis makanan sehat termasuk sayur dan buah di dalamnya yang sebenarnya bisa bikin jerawatan. Ini dia misalnya.

Roti Gandum

Karena kaya akan karbohidrat, roti gandum bisa diubah jadi gula dan gula ini bisa berubah menjadi lemak. Beberapa asupan lemak berlebih bisa membuat jerawat muncul. Jadi setelah makan roti ini, jangan lupa untuk tetap olahraga dan aktif ya. Agar lemak tubuh bisa diolah jadi tenaga.

Strawberry

Duh, jangan patah hati ya bagi Anda yang suka strawberry tapi jerawatan gara-gara buah yang yummy ini. Meski kandungannya tak kalah banyak dibandingkan tomat untuk urusan anti oksidan dan vitamin C, namun beberapa orang lebih baik beralih ke buah blueberry, blackberry atau raspberry, karena buah ini juga bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Tomat

Buah oranye kemerahan ini sebenarnya adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Banyak juga yang mengatakan tomat bisa bikin sehat dan awet muda. Namun bagi beberapa orang, tomat bisa membuat mereka jerawatan. Hal ini tak berarti tomat kurang baik bagi Anda.

Coba berhenti makan tomat mentah selama beberapa hari dan bila Anda tak jerawatan lagi, mungkin Anda harus cari buah selain tomat untuk jadi anti oksidan dari dalam.

Jeruk

Lagi-lagi kelas buah masam yang enak ternyata bisa membuat kita jerawatan. Dan kali ini adalah buah jeruk. Beberapa orang tak bisa makan jeruk dalam jumlah banyak karena bisa menyebabkan jerawat. Namun Anda bisa pilih buah lainnya seperti pepaya Meksiko, mangga atau anggur.

Yoghurt

Karena terbuat dari susu, yoghurt bisa membuat Anda jerawatan. Yoghurt memang lebih minim lemak dibandingkan susu biasa, namun yoghurt jaman sekarang banyak mengandung gula. Jadi, batasi saja penggunaannya.

Bikin jerawatan bukan berarti tak baik bagi Anda. Mungkin makanan ini memang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit. Masih banyak makanan sehat yang baik bagi tubuh dan kulit cantik Anda seperti kacang-kacangan, ikan, brokoli, dan bawang putih.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)