Apa Penyebab Kematian Mendadak?

22 Juli 2018 Artikel Kesehatan


Zaman dulu, kematian mendadak paling banyak menyerang orang-orang berusia lanjut akibat serangan jantung atau stroke. Namun seiring berkembangnya gaya hidup, kematian mendadak mulai banyak menyerang usia muda. Apa penyebabnya?

Setelah ditelusuri, ternyata sebagian besar penyebabnya adalah gangguan pada jantung. Penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah koroner jantung. Plak yang terbentuk akibat timbunan kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah pun disebut-sebut sebagai biang keladinya. Untuk itulah gaya hidup mereka yang berusia produktif perlu diperhatikan. Kebiasaan seperti merokok, malas berolahraga, membiarkan kadar kolesterol tinggi, serta stres menjadi beberapa faktor risiko yang tidak boleh diabaikan.

Kemudian pecahnya pembuluh darah, pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal. Yang pertama terjadinya pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal. Kemudian tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan pembuluh darah otak pecah.

Penyebab selanjutnya adalah ayan atau epilepsi. Serangan ayan/epilepsi secara tiba-tiba dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan menyebabkan kematian. Untuk itu sangatlah penting agar penderita ayan/epilepsi untuk rutin kontrol agar penyakitnya terkontrol.

Lalu, cedera kepala yang menyebabkan kematian seringkali disebabkan karena kecelakaan, baik kecelakaan kendaraan bermotor maupun kecelakaan kerja.

Untuk mengantisipasi berbagai kondisi kesehatan yang mungkin dapat merugikan Anda, pastikanlah Anda membiasakan hidup sehat dengan menjalani pola hidup sehat, melakukan pemeriksaan kesehatan berkala lewat program medical check up, tidak menganggap remeh keluhan-keluhan kesehatan yang Anda alami dan memperhatikan keselamatan diri dalam beraktivitas.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)