Apa Itu Vertigo?

10 Mei 2018 Artikel Kesehatan


Vertigo adalah bentuk rasa pusing dimana penderitanya merasa sekelilingnya berputar. Vertigo atau kehilangan keseimbangan akan sangat mengganggu aktivitas walaupun tidak menimbulkan rasa sakit pada organ tubuh lainnya. Ketika kambuh, penderita vertigo akan mengalami kesulitan berdiri dan bergerak karena merasa sakit kepala luar biasa hingga dunia tampak berputar, bahkan kerap kali disertai dengan rasa mual dan muntah.

Penyebab vertigo dapat berasal dari gangguan syaraf, penyakit dalam atau masalah seputar THT (telinga, hidung dan tenggorokan). Beberapa faktor yang menyebabkan vertigo antara lain karena serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Nah, berikut beberapa penyebab vertigo:

Gangguan telinga bagian dalam

Sebagian besar kasus vertigo terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengubah posisi kepala, seperti ketika bangun atau berdiri dengan cepat. Vertigo jenis ini terjadi karena masalah yang terjadi di telinga bagian dalam, dan dikenal pula sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Rasa pusing akibat vertigo jenis ini biasanya menghilang dalam beberapa menit.

Kesulitan melihat

Mata membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh, sehingga masalah pada penglihatan bisa menyebabkan gangguan keseimbangan dan memicu vertigo.

Penyakit sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat mengatur rasa keseimbangan. Gangguan sistem saraf pusat oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

Peradangan atau infeksi

Infeksi seperti pilek, flu, atau peradangan lain dapat mempengaruhi telinga bagian dalam dan mengakibatkan vertigo.

Penyakit Meniere

Penyakit Meniere menyebabkan telinga bagian dalam kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Rasa pusing dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih lama.

Migrain

Migrain sebenarnya merupakan jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Vertigo yang disebabkan migrain bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari.

Tapi ingat, tidak semua rasa pusing merupakan vertigo. Pusing atau perasaan berputar ringan belum tentu disebabkan vertigo.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)