Antosianin Sangat Bermanfaat bagi Penderita Kolestrol

6 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah semua binatang dan juga manusia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon -hormon steroid. Penyakit kolesterol sering dialami oleh banyak orang. Penyakit tersebut disebabkan oleh banyak faktor bisa dari makanan dan gaya hidup yang dijalankan.

Penyakit kolesterol diakibatkan oleh asupan makanan yang tidak sehat, bisa datang dari faktor keturunan maupun gaya hidup yang salah. Misalnya makanan yang berbahan santan ataupun makanan jeroan yang dapat mengakibatkan kolesterol semakin tinggi. Untuk penyakit kolesterol sebaiknya para penderita mengawasi asupan makanan yang akan dimakan. Makanan yang seharusnya dikonsumsi adalah putih telur ayam, daging sapi dan sebagainya.

Asupan makanan sangat berpengaruh, oleh karenanya penderita sebaiknya mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam makanan tersebut. Jika Anda belum pernah mendengar zat antosianin, sekarang saatnya Anda mempelajarinya. Karena zat itu berguna untuk penderita penyakit kolesterol. Antosianin merupakan pigmen pembawa warna merah keunguan pada buah-buahan, sayuran, dan tanaman bunga. Antosianin merupakan senyawa flavonoid yang dapat melindungi sel dari ultraviolet. Antosianin merupakan flavonoid yang dapat melindungi sel dari ultraviolet. Antosianin merupakan antioksidan yang berguna untuk tubuh. Zat tersebut berguna untuk mencegah terjadinya aterosklerosisi, penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Antosianin ini sangat bagus untuk para penderita kolesterol. Hal itu disebabkan antosianin bekerja menghambat roses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh. Sehingga, kolesterol yang terdiri dari lemak jahat dapat segera larut. Selain itu antosianin ini juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadi kerusakan. Selain itu antosianin juga berfungsi untuk mempertahankan tingkat glukosa darah, bebas lemak dan kolesterol serta kadar serat yang tinggi. Oleh karena itu, antosianin ini sangat bermanfaat untuk penderita penyakit kolesterol. Kandungan zat yang ada di dalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan dan kandungan yang lainnya sehingga bagus untuk melarutkan lemak jahat.

Antosianin bekerja dengan menghambat aktivitas enzim HMG-CoA reduktase, sehingga dapat menurunkan kolesterol total dan kadar lemak di dalam kolesterol yang jahat. Tidak hanya itu antosianin juga dapat meningkatkan kerja enzim lechitin cholesterol acyl transferase yang dapat meningkatkan HDl atau kolesterol baik di plasma dalam tubuh. Itulah proses tentang cara kerja zat antosianin bagi penderita kolesterol. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita penyakit kolesterol, Anda harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung zat antosianin. Misalnya alpukat, jagung ungu, maupun ubi jalar. Dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan tersebut, kolesterol di dalam tubuh Anda dapat segera turun. Konsumsilah secara teratur makanan tersebut agar kesehatan tubuh Anda juga semakin meningkat.

Mengubah gaya hidup juga dapat membuat penyakit Anda berangsur-angsur berkurang. Penyakit datang disebabkan karena asupan dan gaya hidup yang dilakukan salah, seperti kurangnya aktivitas berolahraga baik di dalam maupun di dalam rumah. Zat antosianin juga berguna untuk jenis penyakit yang lainnya. Sehingga, mulai dari sekarang perbanyaklah konsumsi makanan yang berserat baik itu buah dan sayuran. Semua makanan yang berserat sangat berpengaruh pada kesehatan baik untuk kesehatan tubuh bagian atas hingga bawah. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makanan yang sehat. Kurangi konsumsi makanan yang instan dan mempunyai kadar lemak yang tinggi. Asupan gizi yang buruk berdampak buruk juga pada kesehatan Anda. Lakukan pencegahan daripada harus membeli obatnya, karena dengan kesehatan Anda dapat melakukan segala macam kegiatan.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)