Anggur, Pelindung Kulit dari Sinar UV

3 Agustus 2011 Artikel Kesehatan


Mungkin di antara kita belum banyak yang tahu secara mendalam manfaat buah anggur. Selain rasanya yang manis, buah ini dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh.

Namun baru-baru ini peneliti di University of Barcelona and the CSIC (Spanish National Research Council) menemukan satu lagi manfaat dari buah anggur. Mereka mengklaim, senyawa tertentu yang hadir dalam anggur dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV matahari yang berbahaya.

Penelitian tersebut menemukan bahwa zat-zat yang terkandung dalam anggur mampu menurunkan tingkat kerusakan sel pada kulit akibat radiasi sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit. Seperti diketahui, Sinar UV yang terpapar ke kulit akan mengaktifkan spesies oksigen reaktif atau (ROS) yang menyebabkan oksidasi makromolekul pada DNA dan Lipid. Sehingga, pada akhirnya akan mengaktifkan reaksi enzim tertentu yang menyebabkan kematian sel.

Para peneliti mengamati bahwa zat polifenol tertentu yang diekstrak dari buah anggur dapat menghambat pembentukan sel epidermis ROS yang telah terpapar gelombang panjang (UVA) dan gelombang menegah (UVB). Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa senyawa polifenol dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari.

Menurut peneliti, sejumlah produk kosmetik perawatan kulit sudah memanfaatkan anggur sebagai bahan dasar pembuatannya, namun mereka tidak sepenuhnya memahami cara pengolahannya. Para peneliti berharap temuan ini akan terus dikembangkan sehingga kedepannya khasiat buah anggur bisa lebih dimanfaatkan.

Sumber: kompas.com