Anda Sering Merasa Capek? Ini Penyebabnya

24 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Bila Anda merasa lelah selepas bekerja seharian atau setelah melakukan aktivitas yang berat, itu merupakan hal yang normal. Namun, ada kalanya Anda mendapati kondisi yang aneh, dimana Anda selalu merasa lelah sepanjang hari, tanpa sesuatu sebab yang jelas. Rasa lelah itu muncul mulai dari pagi setelah bangun tidur, berlanjut ke siang, sore, bahkan sampai malam hari, padahal Anda tidak sedang melakukan kegiatan yang berat atau menguras energi.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda sering merasa lelah sepanjang waktu.
1. Kurang Tidur

Jika Anda sudah tidur selama tujuh jam, namun masih merasa lelah dan mengantuk, Anda harus tidur cukup selama delapan jam. Cobalah untuk tidur satu jam lebih awal, selama seminggu, dan rasakan hasilnya. Tubuh Anda pasti akan lebih segar.

2. Kekurangan Zat Besi
Kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan kelelahan. Mungkin Anda kurang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging dan susu. Lakukan tes kesehatan, jika benar Anda kekurangan zat besi, maka Anda akan diberi suplemen penambah zat besi.

3. Dehidrasi
Dehidrasi dapat membuat tubuh Anda mudah lelah. Pastikan Anda minum air yang cukup, untuk membantu fungsi tubuh Anda lebih baik. Saat Anda mengalami dehidrasi, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga Anda mudah merasa capek.

4. Kurang Nutrisi
Jika Anda melakukan diet ketat, dan banyak makanan yang dipantang, maka tubuh Anda akan mudah kekurangan nutrisi, sehingga Anda mudah merasa letih.

5. Depresi
Anda mungkin baru saja mengalami peristiwa besar dalam hidup Anda, yang membuat Anda sedih, seperti perceraian atau kehilangan orang yang Anda cintai.

6. Anda Kurang Mendapatkan Udara Segar
Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di dalam ruangan dan di dalam mobil, maka Anda akan mengalami kekurangan vitamin D. Cobalah berjalan-jalan sejenak saat makan siang, agar Anda lebih bersemangat.

Kalau Anda, apakah yang Anda lakukan agar selalu bersemangat dan penuh energi setiap hari?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)