Anda Salah Satu Maniak Gadget? Waspadai Dampaknya!

1 Agustus 2013 Artikel Kesehatan


Dewasa ini, banyak teknologi maju yang ditawarkan kepada kita untuk mendapatkan suatu informasi yang bermanfaat bagi kita. seperti halnya penggunaan gadget. Penggunaan gadget sudah menjadi hal yang lumrah dalam mengais informasi ataupun hanya sekedar gengsi.

Gadget seakan-akan adalah "kebutuhan pokok" terutama untuk kalangan remaja dan dewasa bahkan anak-anak pun tidak mau ikut ketinggalan dengan teknologi satu ini. Gadget-gadget tersebut nampaknya menjadi barang yang wajib dimiliki untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Namun, tanpa disadari penggunaan gadget tersebut bisa mengganggu kesehatan Anda. Agar lebih berhati-hati dalam menggunakan gadget kesayangan sebaiknya anda mengetahui risiko kesehatan yang diakibatkan dari pemakaian gadget tersebut secara berlebihan beserta solusi yang bisa dilakukan.

1. Mempengaruhi struktur tulang
Smartphone bisa mengubah postur tubuh. Ia melihat banyak orang mengalami nyeri di leher atau bahu akibat posisi kepala yang terlalu menjorok ke depan saat membaca sesuatu di ponsel atau tablet.
Posisi ini meremukkan bagian atas tulang belakang dan menekan saraf yang terhubung di kepala Anda. Akibatnya Anda bisa merasakan kaku, kelelahan, atau sakit kepala

Untuk menghindari hal tersebut cobalah lakukan beberapa latihan untuk memperbaiki postur tubuh dan memperpanjang otot leher misalnya menggunakan tali yang diletakkan di bagian tengah kepala, lalu tariklah tali tersebut seperti orang berlatih sit up.

2. Menghambat tidur
Komputer, laptop, tablet, dan ponsel cenderung mengeluarkan cahaya biru yang diduga mengganggu hormon alami seperti melatonin yang membantu seseorang untuk tertidur.
Solusinya atur peredupan pada pengaturan brightness ponsel Anda dan menjaga jarak ponsel dari wajah sekitar 14 inci bisa mengurangi potensi terhambatnya proses tidur. Jika butuh alarm lebih baik gunakan jam meja dan letakkan ponsel Anda di luar kamar saat malam hari.

3. Mudah berjerawat dan biang keringat
Mengingat layar ponsel yang panas saat melakukan panggilan, tidak mengherankan para ahli khawatir para pengguna ponsel yang sering melakukan panggilan terutama dalam waktu lama, berisiko lebih tinggi mempunyai jerawat dan biang keringat.
Sebuah survei majalah melakukan tes pada 30 ponsel dan ditemukan bahwa rata-rata handset mengandung kuman 18 kali lebih berbahaya dari penyiram kloset di WC pria.
Sebaiknya jika Anda rentan terhadap alergi kulit, lebih baik gunakan kit hands-free atau bersihkan layar telepon menggunakan larutan garam secara perlahan.

4. Mengganggu Kesehatan mata
Jika mata terasa perih setelah menatap layar ponsel, bukan hal yang mengejutkan bahwa fokus pada sebuah benda kecil dalam waktu lama bisa menyebabkan mata kering dan mengakibatkan peradangan serta infeksi. Lebih parahnya lagi, ponsel bisa mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka panjang.
Anak-anak yang menatap layar ponsel sepanjang hari bisa rabun saat mereka dewasa. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa pengguna smartphone berisiko lebih cepat menggunakan kacamata.
Orang tidak bisa membaca koran tapi jarak mata ke ponsel yaitu sekitar 10 inci, cenderung lebih dekat dibanding jarak mata ke kertas, sehingga mereka lebih cepat memakai kacamata. Jadi, ia berharap mata bisa fokus pada tiga jarak berbeda yaitu jarak jauh, jarak baca, dan jarak pada smartphone.

Akan lebih baik jika anda perbesar ukuran teks pada ponsel Anda dan buat tampilan layar tidak terlalu terang. Cobalah menggunakan ponsel dalam ruangan yang cahayanya cukup dan tidak menggunakannya lebih dari 15 menit dalam satu waktu.

5. Rahang mengendur
Penggunaan telepon yang berlebihan bisa mengubah bentuk rahang Anda. Semakin bertambahnya usia, elastisitas kulit juga berkurang dan menekuk leher ke depan selama berjam-jam untuk melihat ponsel atau tablet memungkinkan lebih banyak tarikan ke bawah pada kulit wajah.
cobalah pegang ponsel atau tablet tepat di hadapan Anda. bukan di bawah permukaan dada sehingga posisi Anda tak terus menerus melihat ke bawah.

6. Dapat mengurangi interaksi sosial
Telepon memang bisa memudahkan komunikasi Anda dengan siapa saja tapi teknologi bisa membuat kita sulit mengelola batas-batas dalam kehidupan kita

Saat berbicara melalui telepon, kita tidak memberi perhatian fisik secara penuh pada lawan bicara. Contohnya saja ketika kita hanya terlibat dalam jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, itu akan membuat keluarga, teman, rekan kerja, atau kekasih kita diabaikan.
Cobalah buatlah aturan tegas untuk tidak menggunakan telepon saat sedang berkumpul bersama teman, keluarga, rekan kerja, atau kekasih Anda.

7. Merusak pendengaran
Mendengarkan musik terlalu keras melalui headphone bisa menyebabkan kebisingan dan itu mengganggu pendengaran Anda. Sehingga Anda sulit mendengar pembicaraan orang lain terutama saat terdapat latar belakang suara yang membuat Anda bising
Sebaiknya selalu jaga tingkat volume suara serendah mungkin dan jangan terlalu lama menggunakan headphone.

(Dikutip dari berbagai sumber)