Anda Hipertensi? Jauhi Makanan Ini!

11 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Hidup sehat memang segala-galanya, ungkapan ini cocok untuk menggambarkan betapa berharganya kesehatan itu. Bebas melakukan apa saja, bahkan mengkonsumsi berbagai jenis makanan tanpa rasa takut, tetapi ingat semua-nya itu ada batasnya. Karena merasa dirinya sehat, maka banyak orang sering bertindak ceroboh dan mengabaikan berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan, termasuk mengabaikan batasan-batasan untuk mengkonsumsi makanan. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai dan sering dikaitkan dengan makanan adalah penyakit hipertensi.

Jadi, jika sudah divonis menderita darah tinggi, maka alih-alih ingin hidup bebas tanpa pantangan malah berbalik menjadi banyak pantangan untuk sementara waktu, bahkan jika tekanan darah tinggi tidak terkontrol maka pantangan akan berlangsung seterusnya. Tentu saja hal ini membuat Anda tidak merasa bebas seperti yang sebelumnya.

Berikut beberapa makanan jika dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi pemicu hipertensi:
1. Fast Food

Siapa sih yang tidak mengenal fast food? Makanan yang berasal dari luar negeri ini cukup populer di kalangan masyarakat. Tetapi yang perlu diingat bahwa makanan jenis ini tidak baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Salah satu penyebabnya adalah lemak trans yang dipakai untuk menggoreng kurang dapat dicerna oleh tubuh. The Dietary Guidelines for American; mengatakan bahwa di dalam fast food terkandung 270 mg sodium dan juga 19 mg lemak.

2. Asinan
Asinan merupakan makanan yang terkenal akan rasa gurih, segar dan dapat disantap dalam kesempatan apapun. Padahal selama Anda menderita hipertensi ada 2 hal yang sebaiknya Anda hindari, diantaranya adalah garam dan sodium. The Dietary Guidelines for American mengatakan Asinan ternyata mengandung 570 mg sodium. Padahal batasan normal asupan sodium setiap harinya bagi penderita hipertensi adalah tidak boleh lebih dari 766 mg per hari.

3. Mie Instan
Selain murah juga mudah dibuat, mie instan merupakan salah satu makanan yang juga populer di masyarakat. Mungkin jika dikonsumsi sewajarnya tidaklah berbahaya, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan tentunya mie instan ini tidaklah baik bagi kesehatan. Karena menurut The Dietary Guidelines for American, disebukan bahwa mie instan ini rata-rata mengandung 880 mg sodium, ini tentulah bukan asupan yang baik untuk penderita hipertensi.

4. Makanan beku
Seperti yang telah diketahui bahwa garam beserta sodium bukan merupakan asupan terbaik untuk penderita hipertensi. Mungkin Anda belum mengetahui jika ternyata makanan beku juga mengandung lebih banyak sodium jika dibandingkan dengan makanan yang segar, bahkan berada pada kisaran 1300 sampai dengan 1400 mg. Kadar sodium sebanyak ini tentu juga tidak baik bagi orang yang menderita hipertensi.

Yang harus diingat bahwa yang mengetahui baik tidaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah kita sendiri, bukanlah orang lain. Jadi, Anda harus pandai mengatur makanan demi menjaga tubuh agar tetap sehat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)