Anak Sulit Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

1 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Saat anak anda tumbuh menjadi balita, biasanya mulai sulit diajak untuk tidur. Apalagi jika Anda juga terbiasa tidur malam, dia pun jadi ingin mengikuti kebiasaan orangtuanya. Selain kebiasaan orangtua, kehadiran gadget yang kerap dijadikan 'alat' pengantar tidur anak oleh para orangtua juga menjadi penyebab si kecil jadi terbiasa tidur larut.

Bagaimana membuat anak tidur tepat pada waktunya? Berikut ini enam cara yang bisa diterapkan oleh orangtua agar anak tidak sering tidur terlalu malam:

1. Langkah pertama agar anak mau pergi tidur tanpa banyak keributan adalah dengan membuat rutinitas. Saat anak tidur di waktu yang sama setiap harinya, tubuh mereka akan beradaptasi dan mereka akan mengantuk dengan mudah.

2. Pastikan anak merasa nyaman sepanjang malam, misalnya dengan meletakkan mainan favoritnya di tempat tidur atau benda-benda lainnya yang ia sukai. Tapi jangan pilih gadget sebagai benda yang diletakkan di dekat anak saat tidur.

3. Salah satu cara membuat anak mood untuk pergi tidur adalah dengan membacakan mereka cerita atau memperdengarkan musik yang lembut. Kegiatan ini selain menenangkannya, juga membuat anak terbiasa di otak mereka kalau dengan melakukan aktivitas tersebut artinya sudah waktunya tidur.

4. Sangat penting untuk membatasi kegiatan yang menstimulasi mental dan fisiknya seperti menonton televisi, bermain komputer atau permainan yang melibatkan fisik. Usahakan anak-anak tidak melakukan kegiatan tersebut beberapa jam sebelum mereka tidur. Kegiatan yang lebih menenangkan seperti membaca, menggambar adalah pilihan yang lebih baik.

5. Pakaian yang dikenakan anak selama tidur juga harus nyaman, jangan terlalu ketat, panas dan tipis. Pilih pakaian yang terbuat dari katun agar meresap keringat.

6. Begitu anak sudah berada di tempat tidurnya dan terlihat mulai mengantuk, tinggalkan kamarnya. Biarkan anak belajar untuk tertidur sendiri tanpa bergantung pada kehadiran orang tuanya.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)