Anak Autis Punya Otak Lebih Besar

6 Mei 2011 Artikel Kesehatan


BEIJING - Anak-anak penyandang autisme ternyata memiliki ukuran otak yang sedikit lebih besar dibandingkan anak yang tidak memiliki kondisi kelainan tersebut.

Penelitian terbaru yang dimuat jurnal Archives of General Psychiatry edisi Mei ini menyebutkan, perbedaan di antara kedua ukuran ini tampaknya berkaitan dengan rata-rata peningkatan pertumbuhan otak sebelum anak berusia 2 tahun.

Para ahli dari University of North Carolina Amerika Serikat, yang mengagas riset tersebut, menekankan walaupun dari sisi ukuran terus bertambah, tetapi dari segi pertumbuhan tidaklah demikian.

Pada 2005, para ahli meneliti sekelompok anak berusia 2 tahun , dan menemukan bahwa seorang anak pengidap autisme memiliki otak dengan ukuran 5% hingga 10% lebih besar dibandingkan anak yang tidak mengalami gangguan tersebut.

Para ahli belum lama ini melakukan pemeriksaan terhadap kelompok anak yang sama setelah mereka menginjak usia 5 tahun. Para psikiatri melakukan scan otak ulang pada 38 anak pengidap autisme dan 21 anak non autisme. Hasilnya menunjukkan bahwa anak autistik masih memiliki ukuran otak yang sedikit lebih besar, tetapi tetapi ukuran pertumbuhannya sama dengan kelompok anak yang tidak mengidap autisme.

Menurut pimpinan riset Joseph Piven, MD, temuan ini dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang gen-gen yang memicu autisme, yang pada gilirannya akan membuka jalan bagi penemuan cara identifikasi secara dini dan pengobatan yang tepat untuk kondisi kelainan ini.

Sumber: kompas.com