Ampuh Cegah Penyakit Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis

25 Februari 2016 Artikel Kesehatan


Jika dilihat dari statistik, jumlah penderita gagal ginjal lebih dari 500 juta orang atau 1 dari 10 orang dan 12 juta orang meninggal setiap tahunnya dikarenakan penyakit ginjal kronis. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh berbagai macam kegiatan yang kurang sehat seperti kurangnya konsumsi air putih, serta sering menahan buang air kecil.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Ada cara alami yang ternyata mampu menangkal masalah kesehatan ginjal. Ya, dengan jeruk nipis.

Jeruk nipis selain sebagai penyedap rasa pada masakan, rupanya buah yang memiliki rasa asam khas ini mampu mencegah dan menghambat terbentuknya batu ginjal. Air jeruk nipis yang mengandung asam sitrat ini terbukti dapat menghambat proses pembentukan kristal (batu ginjal). Batu ginjal sendiri terbentuk dari campuran kalsium, fosfat, oksalat, serta asam urat. Jika seseorang dengan gangguan fungsi ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah maka ia akan berisiko terkena batu ginjal.

Untuk hasil yang maksimal, cobalah konsumsi dua buah jeruk nipis yang diperas dan dicampur dalam segelas air putih. Hal yang tak kalah penting ialah jangan lupa untuk sering mengonsumsi banyak air putih setiap harinya agar urine cukup encer dan tidak sampai terbentuk kristal.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)