Alkohol Lebih Berbahaya Daripada Heroin

5 November 2010 Artikel Kesehatan


Setelah diteliti lebih jauh, diketahui ternyata alkohol menimbulkan bahaya yang lebih besar terhadap kesehatan tubuh ketimbang obat-obatan seperti heroin ataupun kokain.

Profesor David Nutt, menggelar studi yang menganalisis tingkat keberbahayaan kedua zat tersebut terhadap baik individu ataupun masyarakat. Melalui studi itu pula, diketahui bahwa alkohol ternyata lebih membahayakan ketimbang zat adiktif seperti kokain dan heroin.

Untuk kategori yang membahayakan diri sendiri, alkohol dapat menimbulkan beberapa kerugian antara lain berkurangnya kesempatan hidup, kesehatan fisik dan jiwa yang buruk, kehilangan kemampuan bersosialisasi, dan cedera.

Dari semua jenis zat adiktif, hanya ekstasi yang memiliki kadar berbahaya paling rendah. Tingkat keberbahayaan ekstasi hanya seperdelapan dari alkohol.

"Penemuan ini mendukung hasil studi sebelumnya yang telah digelar di Inggris dan Belanda. Penemuan itu membenarkan bahwa klasifikasi obat-obatan ini memiliki sedikit kerugian jika dibandingkan dengan alkohol," kata beberapa peneliti.

Hasil penelitian terkini, lanjutnya, juga sesuai dengan kesimpulan sebelumnya yang menyimpulkan bahwa tingkat keberbahyaan alkohol ternyata termasuk tinggi dan agresif. Maka itu, diperlukan strategi untuk menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat. Hasil penelitian ini telah dimuat di jurnal Lancet edisi November 2010.

Sumber: mediaindonesia.com