Alat Uji Narkoba pada Anak

23 September 2010 Artikel Kesehatan


Saat ini ancaman penyalahgunaan narkoba sudah sangat serius dan sebagian besar menimpa kalangan genera muda. Sebagai orangtua, hendaknya Anda tidak lengah karena tidak mustahil anak-anak terancam zat laknat ini.

Melakukan tes urin masih menjadi cara paling akurat untuk mendeteksi apakah seseorang menggunakan narkoba atau tidak. Tim ilmuwan dari Inggris baru-baru ini mengumumkan keberhasilannya menciptakan alat tes bagi para orangtua untuk mengetahui apakah anaknya mengonsumsi kokain atau ganja.

Cara kerjanya pun sangat sederhana. Cukup memasukkan sampel air liur, dalam lima menit sudah akan keluar hasilnya. Mirip dengan alat uji kehamilan (test pack). Alat yang diberi nama The Vantix ini rencananya akan siap diedarkan dalam waktu dua tahun ini.

Kevin Auton, dari Universal Sensor, perusahaan yang memproduksi The Vantix, mengatakan alat tersebut mungkin akan kontroversial dan memiliki implikasi sangat besar di masyarakat. "Di Amerika, para orangtua sudah terbiasa membawa sampel air liur atau rambut anaknya ke laboratorium untuk mengecek apakah mereka memakai narkoba. Namun di banyak negara belum banyak orangtua yang melakukannya," katanya.

The Vantix memiliki sensor menggunakan chip berukuran 5 milimeter. Pada permukaan chip ini terdapat antibodi yang akan merespon zat kimia tertentu pada narkoba, seperti molekul THC yang terdapat pada ganja. Bila antibodi dalam chip kontak dengan zat kimia target, maka lampu kecil akan menyala.

The Vantix didesain untuk digunakan oleh kepolisian serta para orangtua di rumah. Selain karena metode penggunaannya sederhana, alat ini juga memiliki hasil yang cukup akurat.

Sumber: health.kompas.com