Alasan Meditasi Cocok bagi Pasien Jantung

15 Juni 2012 Artikel Kesehatan


Meditasi ternyata membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian terhadap 62 remaja berkulit hitam yang memiliki tekanan darah tinggi, peneliti menguji manfaat meditasi pada perkembangan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Selama studi dilakukan, para relawan remaja tersebut diminta untuk melakukan meditasi dua kali sehari selama 15 menit. Tidak hanya itu, para peneliti juga meminta setengah dari relawan tersebut untuk melakukan meditasi di rumah dalam waktu yang sama. Setelah empat bulan penelitian, ditemukan hasil bahwa kesehatan tubuh relawan yang lebih sering melakukan meditasi terus meningkat, dan risiko penyakit kardivaskular juga turun secara drastis.

Para peneliti menyebutkan bahwa meditasi mampu menurunkan ketegangan otot yang disebabkan oleh hormon stres yang merupakan salah satu pemicu kardiovaskular. Bagi Ernes, salah seorang peneliti, selama meditasi akan tejadi pengurangan ketegangan sistem saraf dan juga melepaskan hormon stres menjadi kembali normal. Akibatnya, pembuluh darah rileks, tekanan darah dan jantung bekerja lebih sedikit.

"Statistik menunjukkan bahwa satu dari setiap 10 remaja kulit hitam memiliki tekanan darah tinggi. Jika dipraktikkan dari waktu ke waktu, meditasi dapat mengurangi risiko penyakit jantung," pungkas Ernest seperti yang dikutip situs Zeenews pada 11 Juni 2012.

Sumber: mediaindonesia.com