Alami Gejala Ini? Hati-Hati Serangan Jantung

20 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Penyakit jantung masih merupakan pembunuh No 1 di Indonesia bahkan di dunia. Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah banyak para penderita sakit jantung yang mengabaikan gejala-gejala penyakit jantung. Hal ini bisa dimaklumi mengingat tidak banyak orang yang tahu seperti apa ciri-ciri dan gejala serangan jantung. Namun tentu saja hal seperti tidak boleh dibiarkan. Serangan jantung ternyata bisa dikenali gejala-gejalanya? Kalau kita lebih awas dan waspada dengan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh, bukan hal mustahil kita bisa mencegah serangan jantung terjadi. Bahkan serangan jantung itu bisa dideteksi sebulan sebelumnya.

Pola hidup sehat dan olahraga teratur bisa mencegah kita dari serangan jantung. Namun, seseorang yang tadinya terlihat sehat bisa saja mengalami serangan jantung mendadak. Ada gejala yang bisa jadi sinyal kita memiliki kemungkinan terkena serangan jantung sebulan kemudian. Jadi, kalau Anda mengalami gejala ini, segera ambil tindakan untuk mencegah kondisimu jadi lebih baik lagi.

Denyut jantung tidak teratur
Jika Anda mengalami denyut jantung tidak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Denyut jantung tidak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

Keringat dingin dan pusing
Merasa pusing setiap saat? Atau Anda mendadak pingsan tanpa ada sebab yang pasti? Serangan jantung bisa mengintaimu. Ini bisa jadi gejala dini seseorang terkena serangan jantung. Apalagi jika Anda mengalami keringat dingin yang parah, lebih baik segera dicari penyebabnya dan diatasi daripada makin parah.

Rasa lemas dan lelah
Tubuh lemas dan lelah berkepanjangan bisa menggambarkan kesehatanmu saat ini. Saat arteri menyempit, aliran darah yang mengalir ke jantung akan menurun. Akibatnya kita akan merasa lemas dan ini bisa jadi gejala serangan jantung atau sirkulasi darah yang buruk. Kalau Anda terus saja merasa lelah dan lemas setiap hari meski sudah mencoba untuk membuat tubuh lebih bugar, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter.

Dada terasa sakit atau ditekan
Ini adalah gejala yang jangan sampai diabaikan. Kalau Anda merasa dadamu sakit, sesak, atau seperti ditekan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Ini adalah gejala paling umum serangan jantung. Gejala ini juga tidak jauh-jauh dari kondisi kesehatan jantungmu saat ini. Untuk wanita, gejalanya bisa mirip dengan gangguan pencernaan. Dan gejala ini yang paling sering diabaikan. Rasa sakit di antara tulang belikat juga bisa jadi sinyal awal akan masalah kesehatan jantung. Rasa sakit di dada mungkin tidak terlalu ketara, tapi akan terasa dalam waktu berkepanjangan.

Mengalami gejala mirip sakit flu
Nyeri sendi dan otot, sakit tenggorokan, hidung mampet, napas pendek, sakit kepala menyiksa, dan rasa pegal di seluruh tubuh mungkin seperti gejala flu biasa. Padahal bisa jadi itu adalah gejala serangan jantung yang akan Anda alami dalam waktu dekat. Banyak orang yang mengalami serangan jantung merasakan gejala-gejala yang mirip sakit flu tersebut.

Kalau mengalami gejala di atas, jangan sampai diabaikan. Ada baiknya segera ditangani dengan baik daripada terlambat nantinya. Penting juga untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan olahraga teratur sebagai bagian dari tindakan pencegahan terkena serangan jantung.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)