Ajari Anak Tentang Arti Kebersihan dengan Tips Ini

28 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Menjaga kebersihan adalah hal simpel tapi paling sulit untuk dilakukan. Banyak faktor yang menghambat kita sulit untuk membiasakan diri dengan hal itu, tapi masalah utama adalah diri individu masing-masing.

Apa itu kebersihan? mengapa harus bersih? mengapa harus membuang sampah pada tempatnya dan masih banyak pertanyaan yang mungkin dilontarkan anak ketika orang tua membuka wacana soal menjaga kebersihan di rumah. Namanya juga anak-anak, rasa ingin tahu mereka masih begitu besar dan Ibu harus bersabar saat mengajarinya tentang kebersihan. Salah satu permulaan yang baik agar anak tahu manfaat kebersihan dan bebas sampah adalah dengan mengajarinya membereskan barang-barang di kamarnya sendiri.

Berikut tips yang bisa dilakukan agar anak bisa belajar mengenai kerapian dan juga kebersihan:
1. Ambil waktu sebentar, ajak anak membereskan mainannya sendiri. Orang tua hanya mengawasi, sementara ajarkan ia untuk menyimpan mainan di kotak yang telah disediakan sebelumnya. Hal ini akan mengajarinya untuk selalu membereskan mainan setelah habis bermain, sehingga kamar tetap rapi dan bersih.

2. Sediakan banyak kotak transparan. Kotak ini nantinya berguna sebagai tempat untuk meletakkan mainan-mainan anak. Beri label di setiap kotak. Jika si kecil belum bisa membaca, tempelkan gambar mainan yang mewakili kotak tersebut, misalnya mobil-mobilan, boneka, alat menggambar dan sebagainya. Mengapa harus transparan? Hal ini agar si kecil bisa melihat jika semua mainan tersimpan di tempatnya dengan rapi, maka akan enak dilihat dan semakin mudah menemukannya jika ingin bermain dengan mainan itu.

3. Sediakan tempat sampah di dekat pintu kamar atau dekat meja belajar. Ajari si kecil untuk selalu membuang sampah ke dalamnya, bukan hanya dibiarkan tergeletak di dalam kamar.

Membiasakan anak berprilaku bersih sejak kecil tidak hanya membuatnya sadar arti kebersihan, namun juga membuat rumah menjadi lebih bersih dan sehat yang juga berkontribusi pada kesehatan keluarga. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengenalkan arti kebersihan kepada si kecil bahkan sejak usia dini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)