Agar Tubuh Tak Kurang Cairan

22 Oktober 2009 Artikel Kesehatan


Seringkali rasa haus kerap dianggap remeh. Padahal, efek dari rasa haus bisa berakibat pada terciptanya kondisi dehidrasi ringan.

Meski tergolong ringan, jangan pula anggap remeh. Sebab, beberapa penyakit seperti penyakit infeksi saluran kemih, batu ginjal dan penyakit lainnya siap mengintai.

Kalangan remaja serta wanita termasuk rentan mengalami dehidrasi. Kurangnya informasi serta keengganan untuk bolak-balik ke kamar kecil, seringkali menjadi faktor penyebab dua kalangan itu mengalami dehidrasi.

Berikut saran dari Ahli Ginjal Divisi Ginjal Hipertensi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Parlindungan Siregar dan Ahli Gizi dan Pangan Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah, guna mencegah terjadinya dehidrasi ringan:
Minumlah air 1/2-1 gelas air setiap jam.Perhatikan frekuensi Anda minum air dan ke kamar mandi. Dari situ dapat diketahui apakah Anda mengalami dehidrasi atau tidak.Jangan mengkonsumi minuman bersoda, minuman diberi atau bercampur ketika Anda merasa haus.Perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah-buahan. Bila tidak suka keduanyan perbanyak konsumsi air putih.Pilihlah air putih yang bermutu dan berkualitas. Meski sepele, pemenuhan kebutuhan air putih yang sehat dan berkualitas akan mempengaruhi kesehatan pada jangka panjang. cr2/rinSumber: Republika Online