Agar Tidak Sering Migrain

9 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang sering menyerang manusia. Tentunya migrain tidak hanya membuat kepala Anda menjadi sakit tapi juga membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Agar tidak mengalaminya, ketahui dengan baik hal-hal yang dapat membuat migrain Anda kambuh.

Berikut cara agar tidak sering mengalami migrain:

Hindari suara keras, lampu berkedip dan cahaya yang terlalu terang
Suara keras, lampu berkedip dan cahaya yang terlalu terang adalah pemicu umum migrain. Cegah migrain dengan mematikan layar TV atau komputer lebih awal untuk mengistirahatkan mata Anda. Atur tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu mencolok mata dan menyebabkan migrain. Hindari gangguan visual dan audio sebanyak mungkin untuk mencegah datangnya migrain.

Hiduplah dengan terjadwal
Buatlah jadwal dan lakukan hari-hari Anda sesuai jadwal. Pastikan Anda tidur di waktu yang sama setiap hari, bangun di waktu yang sama setiap pagi. Tidur cukup, tetapi tidak berlebihan. Makan dengan teratur dan lainnya dapat mencegah migrain datang.

Jangan menguncir rambut terlalu kencang
Menguncir rambut memang hal yang sederhana. Namun, jika menguncir terlalu kencang, lama kelamaan dapat menyebabkan migrain. Mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat otot kepala tegang dan menyebabkan migrain.

Pilihlah makanan yang sesuai
Hindari makanan seperti cokelat, alkohol, daging olahan, pemanis, kafein dan keju yang dapat menyababkan sakit kepala.

Waspada saat menstruasi
Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama siklus menstruasi. Selama ini, wanita harus berhati-hati dengan pola makan dan kebiasaan olahraganya untuk mengurangi gejala migrain ketika menstruasi.

Jauhi stres
Pikiran yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan migrain. Sebisa mungkin hindari stres karena selain akan mengakibatkan migrain tapi stres juga dapat menyebabkan penyakit lainnya.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)