Agar Tidak Cepat Pikun, Seringlah Membaca

27 Desember 2017 Artikel Kesehatan


Pikun secara istilah berarti menurunnya kemampuan kognisi (berpikir) seseorang dengan indikasi menurunnya daya ingat, menurunnya kemampuan penalaran, serta menurunnya kemampuan menyelesaikan masalah sehari-hari. Pikun disebabkan oleh gangguan pada jaringan otak dan semakin lama akan bertambah parah. Dalam dunia medis, pikun dikenal dengan istilah demensia yang berarti kemunduran fungsi intelektual dan sosial seseorang secara perlahan-lahan.

Cara mencegah pikun di usia tua adalah membaca. Cara mudah ini berlaku untuk pria dan wanita. Semakin sering anda membaca di usia muda, semakin bagus kondisi otak anda. Bahkan kebiasaan baik ini bisa mencegah pikun.

Membaca buku tidak hanya membuat pengetahuan anda bertambah, hobi ini bisa membuat anda mengurangi risiko pikun saat tua. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Rush University Medical Center menunjukkan bahwa membaca juga memberi manfaat pada anda bertahun-tahun kemudian.

Orang dewasa yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif, main catur atau game yang mengasah otak atau melakukan kegiatan intetelektual (misalnya membaca) memiliki kemungkinan memiliki otak yang lebih sehat. Mereka akan mengurangi kemungkinann pikun sebanyak 32 persen dibandingkan mereka yang tidak suka membaca. Melatih otak akan membuat fungsi otak lebih efisien dengan melatihnya.

Bahkan, orang dewasa yang suka membaca akan lebih mungkin terhindar dari penyakit Alzheimer (kondisi neurologis yang ditandai dengan penurunan daya ingat dan penilaian secara bertahap, yang biasanya disertai dengan perubahan kepribadian dan kemampuan untuk mengekspresikan diri). Jadi jika anda ingin memiliki ingatan kuat hingga tua, rajin-rajinlah membaca.

Oleh: Josua
(Dikutip dari berbagai sumber)