Agar Makanan Tetap Segar dan Awet! Ini Tips Menyimpannya

21 Agustus 2017 Artikel Kesehatan


Pernahkan Anda membuang makanan yang tidak segar atau fresh karena lupa untuk memakan atau mengolahnya lalu Anda baru mengingatnya lagi ketika sudah mulai berubah menjadi busuk? Kalau sudah begini, tidak ada yang bisa Anda lakukan. Tapi taukah Anda bahwa ada cara untuk menjaga dan menyimpan makanan supaya bisa bertahan lebih lama dan tetap segar?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti membersihkan kulkas secara teratur dan memeriksa makanan yang ada dilemari atau dimanapun Anda menyimpannya. Tapi tidak hanya dengan memeriksanya saja. Itu tidak bisa mencegah apa-apa. Beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki karakteristik mudah rusak dan cepat busuk. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan agar bisa menjaga makanan, sayur dan buah tetap segar?

Berikut beberapa tips untuk menjaga makanan, sayur atau buah Anda lebih segar dan bersih:
1. Daun salam

Daun salam sangat berguna dalam mengusir serangga dan kutu yang biasanya ada di tempat beras atau tempat bumbu-bumbu dapur. Karena itu letakan beberapa daun salam pada tempat beras dan tempat bumbu dapur untuk menghindari munculnya kutu dan serangga di tempat itu. Gantilah daun salam setiap 3 bulan sekali karena dalam masa itu, daun salam sudah mengering. Agar aroma dan rasa dari bumbu dapur terjaga dalam waktu yang lama, simpanlah selalu bumbu-bumbu tersebut di dalam botol kaca.

2. Kentang
Letakkan setengah potong kentang dalam lemari es, karena potongan kentang tersebut berfungsi untuk menyerap bau makanan yang sudah dimasak. Pastikan bahwa kentang harus diganti setiap 3 hari sekali.

3. Cengkeh
Untuk menghindari semut pada makanan yang disajikan di meja, ada baiknya Anda sebarkan beberapa cengkeh disekitar permukaan meja dapur Anda, dan juga bawah wastafel. Semut yang mengerubuti makanan akan membuat kita enggan mengambil dan mengkonsumsinya, selain repot membersihkan semut di makanan, makanan yang sudah tercampur semut akan mengurangi kenikmatan saat mengkonsumsinya.

4. Telur
Simpanlah telur di bagian bawah kulkas. Karena di daerah tersebut, telur akan bertahan lama keawetannya.

5. Tomat dan mentimun
Pisahkan tomat dan mentimun saat disimpan. Tomat memproduksi gas yang menyebabkan mentimun membusuk lebih cepat.

6. Apel
Pisahkan apel dan sisa dari buah-buahan atau sayuran lain saat disimpan, karena apel menghasilkan gas yang menyebabkan sayuran dan buah-buahan menjadi cepat busuk.

7. Roti
Tempatkan beberapa irisan apel atau irisan kentang mentah di tempat roti, karena dengan menambahkan beberapa iris apel atau kentang mentah di tempat roti akan membuat roti segar lebih lama.

Jadi, agar bisa menjaga makanan, sayur dan buah tetap segar dan awet? Silakan mencoba tips di atas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)