Agar Liburan Tak Merusak Diet

28 Juni 2011 Artikel Kesehatan


Kebiasaan mengatur pola makan sehat semestinya sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Jangan menjadikan diet sehat sebagai beban, atau hanya dijadikan program jangka pendek dengan waktu tertentu saja.

Jika program diet sehat Anda jalankan sepanjang waktu, maka saat berlibur pun sudah seharusnya Anda tetap konsisten mengatur pola makan. Meski saat liburan Anda bebas melakukan apa yang disuka, sebagai salah satu cara menyegarkan diri dan pikiran, tak lantas Anda bablas mengonsumsi apa saja.

Supaya tidak merusak diet Anda, berikut beberapa tips yang bisa diikuti, baik saat memasak sendiri di rumah maupun bepergian:

1. Pilih daging yang bebas lemak 95 persen, pilih bagian has dalam.
2. Kalau tak ada pilihan, dan terpaksa membeli daging kalengan, pilih yang tidak mengandung sodium. Bisa dilihat di labelnya.
3. Pilih makanan yang tidak terlalu asin, terutama makanan kecil.
4. Pilih salad dengan dressing olive oil, bukannya mayonaise.
5. Panggang atau rebus sayuran daripada digoreng.
6. Gunakan minyak nabati seperti olive oil untuk menumis daripada mentega atau margarin.
7. Pilih roti gandum daripada roti putih dari terigu.
8. Pilih madu daripada menggunakan gula.
9. Kurangi gula dalam jus.
10. Masak sendiri makanan ringan, daripada membeli makanan siap jadi agar bebas dari bahan kimia.

Sejumlah tips tadi sangat mungkin Anda terapkan saat berbelanja, baik untuk kebutuhan sehari-hari, mau pun saat bepergian. Saat berlibur ke luar kota misalnya, Anda bisa menemukan minimarket yang menyediakan kebutuhan ini. Meski pun pilihan makanan siap saji tersedia dan menggoda mata, tahan godaan lapar mata, dan kuasai pikiran Anda untuk menikmati hidangan yang dimasak sendiri atau pilihan makanan sehat yang menyempurnakan diet Anda.

Sementara saat berada dalam pesawat, Anda bisa menyiapkan bekal makanan selama dalam perjalanan. Jika pun tak ada pilihan makanan lain saat di pesawat, usahakan hindari sejumlah makanan yang sekiranya merusak diet Anda. Bagaimana pun Anda tetap butuh makan agar tak kelaparan selama perjalanan.

Sumber: kompas.com